Iklan
My Journal

Swing Copters, Game Baru dari Pembuat Flappy Bird

Dong Nguyen, developer asal Vietnam yang sempat terkenal dengan game buatannya yang berjudul Flappy Bird merilis game baru di Itunes dan Google Play berjudul Swing Chopters. Dong Nguyen yang bekerja untuk studio game indie bernama .Gears (dotGears) memang memiliki spesifikasi game dengan desain mekainik yang simple, visual yang retro, dan tingkat kesulitan yang tinggi.

Sama seperti Flappy Bird, Swing Chopters merupakan game bertipe endless dengan tujuan mencapai jarak paling jauh dengan melewati berbagai rintangan. Kita akan mengendalikan sebuah helikopter menuju ke atas, melewati jalur yang sempit, ditambah dengan adanya rintangan yang bisa bergerak berbentuk bandul. Setiap kita melewati satu rintangan, kita akan mendapatkan satu poin.

Navigasi Swing Chopters ini jauh lebih sulit dibandingkan Flappy Bird. Kita hanya bisa menyentuh (tap) layar untuk mengubah arah di sumbu X sembari helikopternya terbang ke atas. Sayangnya, pertambahan velocity di sumbu X ini agak sulit ditebak dan perubahannya terjadi sangat cepat sehingga sangat sulit mengontrol pergerakan di sumbu X ini. Sepertinya emang sengaja di desain seperti ini untuk membuat orang jadi penasaran, tapi menurut saya game ini jadi tidak natural secara mekanik fisikan. Sudah susah dikendalikan, halangan berupa dua bandul di antara ruas jalur yang bisa kita lewati juga menambah kesulitan game ini berkali-kali lipat.

Berbeda dengan Flappy Bird yang memiliki learning curve yang cepat, game ini saya harus mengulang beberapa puluh kali hingga bisa melewat SATU rintangan saja. Tidak hanya unsur skill yang harus beradaptasi dengan perubahan velocity yang tidak natural, bandul yang bergerak itu menambah adanya unsur luck untuk bisa bermain di game ini. Hasilnya, beberapa teman saya justru ngepost highscore mereka (yang tidak ada yang lebih besar dari score 4) dan memilih untuk menguninstall game ini. Bukan efek viral adu highscore yang terjadi, tapi justru pelampiasan rasa frustasi akan design mekanik di game ini.

Swing Chopters masih berada di top free game. Tapi menurut saya game ini bisa berada di atas karena popularitas dari Flappy Bird sehingga di store game ini difeatured di paling atas. Wajar downloadnya besar dan masuk top free klo di featured. Buat saya game ini overrated karena mekaniknya yang bisa dibilang agak kelewatan. Saya sendiri hanya instal, main, nyobain sampe dapet learning curve game ini, lalu sudah saya tinggalkan. Mungkin di luar sana banyak yang memang senang di tantang seperti ini, tapi saya pribadi tidak kuat untuk meneruskan lebih lanjut. Bagaimana dengan kamu?

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: