My Journal

Game Flappy Bird yang Tiba-Tiba Viral

Game Flappy Bird

Game Flappy Bird

Sekitar seminggu yang lalu, saya melihat ada beberapa judul game baru yang muncul di top free iTunes. Sebagai game developer yang tugasnya melakukan riset game-game baru yang naik di top ten, saya secara spontan mengunduh game ini. Kebetulan saya sendiri belum sempat memainkannya sampai satu hari yang lalu. Itu pun karena tiba-tiba saya melihat ada sebuah game yang menjadi viral karena di berbagai media membahasnya dan juga teman-teman saya banyak yang share score mereka. Penasaran, saya pun akhirnya membuka game tersebut.

Flappy Bird adalah sebuah game dengan nuansa bit art yang mengambil tema latar mirip mario bros. Cara mainnya simpel, hanya perlu tap layar untuk menerbangkan burung tersebut lalu burung tersebut akan jatuh hingga kita tap layar kita lagi. Kita harus menghindari pipa-pipa yang ada di layar. Setiap kita melewati satu pipa, kita akan dapat satu poin. Sudah, sesederhana itu game tersebut. Dari segi visual tidak ada hal yang luar biasa, dari segi audio bahkan tidak ada bgm nya, dari segi core game sama sekali tidak deep, cuma game lucu2an yang saya yakin jumlahnya ada ribuan di store. Yang menjadi menarik adalah, kenapa Flappy Bird bisa mendapatkan jumlah download yang begitu besar dan menjadi viral secara global?

Saya menjelajahi forum-forum digital, banyak sekali analisis dan spekulasi. Ada yang mengatakan, Flappy Bird “membeli” atau “mengakali” chart di iTunes. Saya rasa kemungkinannya kecil, karena developer Flappy Bird berasal dari Vietnam yang portofolio gamenya tidak begitu luar biasa sehingga bisa membeli slot di iTunes. Kalau mengakali, rasanya sulit untuk developer kecil bisa mengakali sistem keamanan terketat di jagat store ini. Ditambah, developernya sendiri memposting di twitter keterangan bahwa dia sendiri juga heran kenapa game dia bisa seterkenal itu.

Tweet dari sang Pembuat Flappy Bird

Tweet dari sang Pembuat Flappy Bird

Ada juga yang bilang karena gameplaynya memang menarik dan beda. Saya menyangkal statement tersebut karena nyatanya ada banyak game dengan cara main yang serupa di store. Yang grafiknya lebih baik, atau lebih jelek, atau mirip, ada banyak. Jadi argumentasi yang paling memungkinkan adalah faktor keberuntungan. Kebetulan, game ini dimainkan oleh orang yang tepat, orang yang menyukai genre game seperti ini dan juga merupakan orang yang memiliki influence cukup masif. Yah, bagi saya rasanya alasan tersebut yang paling masuk akal deh.

Tapi lepas dari apa alasan dibalik kesuksesan game tersebut, Flappy Bird sudah berhasil membawa kemeriahan dan warna tersendiri di dunia mobile games. Saya rasa terakhir kali sebuah game bisa seviral ini adalah di era kejayaan Temple Run, dimana orang dengan semangat ngeshare score mereka dan beradu highscore. Dan lagi, Flappy Bird merupakan game ringan yang bisa menuai banyak canda. Di Youtube, banyak orang yang posting expresi mereka ketika memainkan game ini dan luar biasa lucu-lucu videonya. Lalu yang lebih menariknya lagi, demi menjaga eksistensi di kalangan sosial, ada orang yang mengakali score mereka biar menjadi luar biasa besar. Bahkan, ada yang menjual jasa “membuatkan score Flappy Bird” hehehe. Lumayan lah, jadi hiburan tambahan bagi kita 🙂 Dan bagi developernya, sekarang dua game lain buatan dia turut masuk ke jajaran chart top apps. Yah, memang rejeki udah ada jatahnya masing-masing 😀

Unik, Jasa Membuat Skor Flappy Bird

Unik, Jasa Membuat Skor Flappy Bird

About Adam Ardisasmita (1151 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

3 Comments on Game Flappy Bird yang Tiba-Tiba Viral

  1. When someone writes an paragraph he/she keeps the plan of a user
    in his/her mind that how a user can understand it. So that’s why this post is outstdanding.
    Thanks!

    Suka

  2. Une fߋis dde plus un post sincèгement attrayant

    Suka

  3. Hunmm êteѕ vous sûr de ce quuе vous nous dites ?

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Swing Chopters, Game Baru dari Pembuat Flappy Bird | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: