Iklan
My Journal

[Review] Foursquare Dengan Wajah dan Fitur yang Baru

watermarkedS__21602325

Perombakan besar Foursquare

Belum lama ini foursquare membuat satu aplikasi baru yang bernama Swarm. Aplikasi tersebut dibuat untuk memfokuskan fungsi foursquare yang lama, yaitu untuk berbagi lokasi, lalu foursquare sendiri fokus di fitur barunya, yakni sebagai media pemberi rekomendasi. Seiring dengan misi tersebut, kini Foursquare merombak total tampilan aplikasinya. Berikut ini beberapa fitur utama yang menarik untuk kita perhatikan.

1. Fitur Personalisasi yang Lebih Dalam

 watermarkedS__21602324watermarkedS__21602323

Salah satu fitur yang dipertajam oleh Foursquare untuk menyajikan rekomendasi yang tepat adalah dengan memperkuat fitur rekomendasi. Di awal kita membuka aplikasi ini, hal pertama yang kita lakukan adalah membiarkan aplikasi ini mempelajari apa yang kita senangi, kalau istilah di dalam aplikasinya adalah “taste.” Taste ini yang nanti akan menjadi salah satu variabel untuk melakukan kalkulasi dalam menampilkan rekomendasi tempat yang sesuai dengan keinginan kita. Hal ini menjadikan tempat yang dimunculkan di layar nanti adalah tempat yang kita senangi.

2. Tidak Lagi Fokus Kepada Teman, tapi Kepada Konten

watermarkedS__21602314watermarkedS__21602316

Kalau Foursqare yang dahulu fokus terhadap fitur chek-in, kali ini tombol tersebut tidak lagi muncul di halaman depan. Kini halaman depan penuh dengan konten-konten rekomendasi untuk kita mencari tempat makan, belanja, dan lain-lain. Tidak ada lagi foto teman-teman kita beserta poin yang ia miliki dari hasil checkin, bahkan kita tidak bisa lagi checkin menggunakan foursquare. Untuk checkin, kita akan diminta untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi Swarm yang lebih fokus untuk menemukan teman yang sedang berada di sekitar kita.

3. Mendorong untuk Berbagi Tips

watermarkedS__21602307watermarkedS__21602313

Jika di versi sebelumnya kita akan dapat badge dan point jika kita sering checkin, di Foursquare yang baru justru kita dimotivasi untuk memberikan tips dan review terhadap tempat yang kita kunjungi. Tips bisa berupa komentar dari kita tentang tempat tersebut, misal makanan favorite di sana, pelayanan di sana, dan lain sebagainya. Tips juga bisa berupa pertanyaan konfirmasi yang tinggal kita jawab dengan opsi iya, tidak, dan tidak tahu, misalkan apakah tempat tersebut menerima kartu kredit, apakah tempat tersebut enak untuk bekerja, dan lain sebagainya. Hal ini akan membantu Foursqare mempelajari suatu lokasi dan memberikan lokasi tersebut sebagai rekomendasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Bagi saya pribadi, perubahan ini cukup menarik walaupun membuat saya harus pindah apps untuk mendapatkan lokasi teman saya berada. Tapi rasanya saya jarang menggunakan fitur itu dan lebih sering menggunakan foursqare untuk mencari informasi tentang suatu tempat, lebih bagus lagi klo teman kita pernah ke tempat itu dan memberikan review. Jadi saya rasa perubahan besar-besaran dari Foursquare ini adalah langkah besar yang baik. Kira-kira bagaimana menurut anda? Lebih suka foursquare yang dulu atau yang sekarang?

 

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on [Review] Foursquare Dengan Wajah dan Fitur yang Baru

  1. foursquare yang baru sepertinya lebih menarik. tapi belom pernah coba hehehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: