Iklan
My Journal

Modus Penipuan Ban Goyang

Kehidupan di Jakarta saat ini sudah semakin keras. Saking kerasnya, orang-orang di sana semakin menjadi tidak ramah, memikirkan diri sendiri, dan sulit untuk mencari orang yang benar-benar baik dan tulus. Sehingga, sebaiknya kita harus tetap waspada dan jangan dengan mudah menerima atau mendengarkan kata-kata orang lain. Hal ini pernah menimpa saya.

Suatu ketika, saya sedang mengendara mobil ke arah kantor tempat saya kerja praktek. Mendekati sebuah perempatan, tiba-tiba ada seorang pengendara motor lewat melalui sisi kanan mobil saya, mengklakson saya, dan bilang kalo ban mobil saya goyang. Saya tidak merasakan ada yang aneh dengan mobil saya, akhirnya saya biarkan saya. Selang beberapa menit, ada motor lain yang mengatakan hal yang serupa. Saya mulai curiga dan khawatir, jangan-jangan memang goyang tapi saya tidak merasakannya. Akhirnya saya putuskan untuk mengambil lajur kiri, memperlambat mobil, namun saya tidak berhenti. Saya belok di perempatan terlebih dahulu, jalan beberapa ratus meter, baru menepi. Ketika saya menepi, saya keluar dari mobil dan langsung mengunci mobil saya lalu melihat kondisi ban saya. Tak lama setelah saya melihat ban, tiba-tiba ada motor yang lewat mobil saya dan bilang “mungkin murnya lepas mas”. Saya curiga, motor tersebut tidak tahu alasan saya berhenti tapi sudah bisa men”state” kalo ban saya bermasalah. Alhasil saya langsung bergegas naik ke mobil lagi dan jalan lagi.

Setelah kejadian itu, saya mendatangi bengkel mobil khusus ban untuk meyakinkan diri apakah memang benar ban saya goyang atau itu adalah sebuah modus pencurian. Dan ternyata, montir di bengkel tersebut mengatakan tidak ada yang bermasalah dengan ban saya. Malah sebenarnya ban saya itu adalah ban yang baru diganti, jadi mustahil bisa goyang dalam tempo singkat. Jadi saya menyimpulkan bahwa kejadian tersebut adalah sebuah modus pencurian yang ingin memanfaatkan kepanikan dan kelengahaan pengemudi. Mungkin jika saya tidak sigap mengunci pintu atau memindahkan tas saya ke tempat yang aman, tiga butir laptop yang ada di mobil saya beserta data-data penting tersebut sudah raib. Jadi, waspadalah selalu di jalan. Jangan mudah percaya dengan kata-kata orang dan yakinkan diri untuk berada di tempat yang aman sebelum keluar dari mobil.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on Modus Penipuan Ban Goyang

  1. Ada baiknya judulnya diberikan sentuhan gereget yang menjual gan, dengan sedikit tambahan menjadi “Ban Bergoyang”

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: