Iklan
My Journal

Update Event WWDC 2013

WWDC-2013-MakeMac

Dini hari tadi para Apple Fanboy dan pengamat dunia pergadgetan bertapa di depan layar mereka untuk mengikuti WWDC, sebuah event besar-besaran yang dilakukan Apple. Untuk para penganut aliran Apple, WWDC ibarat lebarannya kali yah. Hehehe. Saya coba rangkum beberapa hal menarik dari WWDC tadi pagi yah, mungkin gak bisa semuanya karena banyak banget hal yang disampaikan (nanti cek google aja klo mau detilnya). Ini adalah beberapa hal menarik yang saya temukan di WWDC 2013 ini (yang tiketnya soldout dalam waktu 71 detik untuk 5000 orang):

  1. Ada demo gaul dari perusahaan yang baru launch di panggung yang bernama Anki. Dia bikin hardware robotik sebuah mobil yang dikendalikan oleh ekosistem iOS. Walupun demonya sempet agak fail, tapi tetep membuat penonton terkagum sebagai opening act ๐Ÿ™‚
  2. Announcement update OS terbaru dari Mountain Lion, yakni Sea Lion, eh Mavericks (udah gak pake nama kucing lagi :p). Fitur yang menurut Saya menarik adalah tambahan di finder yakni Tab, Tagging, dan multiple display. Lalu calendernya juga jadi lebih cantik dan lebih terintegrasi sama Maps for Mac.
  3. Ada Maps for Mac, iCloud Key Chain, dan iBook di Mavericks. Mapsnya ya Apple Maps itu (yg dulu masih eror eror). Terus klo Key Chain itu buat nginget password2 kita, kartu kredit, dan info lainnya. Terus klo iBook hampir samalah ya kayak di iOS.
  4. Ada produk baru, Mac Book Air dengan intel Haswell dengan kapasitas batre yang jadi lebih sadis ๐Ÿ™‚ bisa all-day battery life = 12 jam dan harganya jadi lebih murah.
  5. Nah, ini yg agak gak biasa, Apple ngasih sneakpeak produk yg lagi dikerjain, yakni Mac Pro. Lucunya, Mac Pro ini bentuknya silinder hitam gitu, ada yg bilang mirip galon, mirip tabung elpiji, ato mirip tong sampah. Hihi Tapi yang pasti finishingnya elegant dan classy gitu.
  6. Yang menurut saya cukup oke adalah iWork for iCloud. Mungkin gampangnya mirip dengan Google docs atau Office 360, tapi rasanya lebih matang performanya. Gak tau sih klo belum coba, tapi dari demonya, kayaknya kok mumpuni.
  7. Ini dia yang ditunggu-tunggu, iOS 7 ๐Ÿ™‚ Update terbesar iOS semenjak iPhone kalau menurut Saya. Paling kentara adalah di user interface yang jadi lebih “flat.” Mirip sekali dengan design dari Meego yang super simple dan flat (i miss meego). Lalu diadaptasi Windows Phone dengan konsep “metro.”
  8. Fitur-fitur baru di iOS 7: efek paralax yang super lucu, notification yang lebih manis, siri yang ada suara cowonya juga dan aksen negara lain, ada fitur baru namanya system control, terus ada car support, tambahan gesture-gesture baru, dan masih banyak lainnya, oh ya sama ada iTunes Radio.

Hmm.. kayaknya pengumuman esensial dari WWDC tadi pagi cuma itu aja deh ya, hehe klo ada yang kelewat, bisa dibaca di media lainnya yak. Hehehe. Yang pasti klo Saya pribadi melihat ada banyak fitur yang sudah ada sebelumnya, tapi seperti biasa, Apple selalu jago ngejual fitur menjadi sebuah produk. Kayaknya fitur kompas doang bisa dibikin seolah-olah sebuah mobil mewah sama Apple, efeknya adalah, orang kenal fitur itu ya dari Apple (walaupun udah ada dari dulu-dulu). Kayak Siri, dari jaman Nokia Batu udah ada tuh voice recognizer, eh tapi baru ngetrend pas Apple yang announce. Sama kayak teknologi touchscreen, tablet device, dan lain-lain. Pelajaran paling menarik dari Apple adalah bagaimana mereka memberikan ruh yang kaya dan dalam pada setiap rilis produk mereka sehingga bisa menjual dan diterima oleh masyarakat.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1120 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: