Iklan
My Journal

Mengisi Seminar Teknopreneur di Universitas Widyatama

IMG_4503

Bulan lalu saya diberi kesempatan untuk sharing tentang teknopreneur, terutama di bidang game, oleh Universitas Widyatama. Yang menarik adalah selain saya, pembicara satu lagi adalah Arief dari Agate yang juga merupakan pemilik perusahaan game. Nampaknya topik menjadi pengembang game sebagai sebuah profesi sedang menjadi isu yang menarik di jagat digital Indonesia. Saya sangat gembira melihat antusias yang tinggi dari masyarakat terhadap Industri games.

Kalau bicara teknopreneur, sebenernya definisi paling mudahnya adalah pertemuan antara sebuah problem dengan solution (solver) menggunakan teknologi. Saya mengambil contoh produk Arsanesia yang mencoba memecahkan masalah terancam punahnya karakter legenda di Indonesia dengan mengangkat cerita budaya dalam bentuk game. Tentu masih banyak lagi problem di Indonesia yang harus diselesaikan dengan teknologi. Untuk itu, peluang bagi mereka yang ingin berteknopreneur di Indonesia masih sangat luas karena masalah yang ada di Indonesia masih sangat banyak. Berbeda dengan negara maju yang sebagian masalahnya sudah bisa diselesaikan oleh pemerintah.

Lalu yang tak kalah penting adalah monetisasi. Teknopreneur bagaimanapun juga membangun sebuah sistem dan mengembangkan perusahaan. Untuk itu, penting bagi seorang teknopreneur untuk bisa merancang bagaimana dia akan mendapatkan profit dari produk yang ia kembangkan. Bagi yang ingin masuk ke Industri game, beberapa model bisnis yang bisa dicoba adalah retail sales, inadvertising, freemium, advergame, dll.

Dan hampir di setiap akhir presentasi, saya selalu menampilkan video adalahkita yang menurut saya sangat penting untuk bisa membangkitkan semangat dan menunjukan jati diri siapa kita sesungguhnya. Setelah sesi presentasi selesai, masih ada sesi tanya jawab yang saya cukup terharu karena para pesertanya aktif bertanya :’) Semoga setelah hari itu, semakin banyak mahasiswa yang berminat menjadi teknopreneur dan menyelesaikan berbagai masalah yang ada di Indonesia.

n.b bagi yang tertarik, slide presentasi kemarin bisa dilihat di sini

Iklan
About Adam Ardisasmita (1115 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: