Iklan
My Journal

Multivitamin untuk Enterpreneur

gambar diambil dari wisegeek.com

Menjadi seorang enterpreneur memiliki sebuah tantangan sendiri yakni masalah motivasi dan semangat. Jadi bos dari diri sendiri artinya tidak ada tekanan atau perintah untuk melakukan sesuatu. Semangat tersebut juga terkadang naik terkadang turun. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa terus menjaga semangat kita? Kalau saya pribadi, ada beberapa “vitamin” yang saya konsumsi agar bisa terus memacu semangat saya dalam beraktivitas. Dengan multivitamin tersebut, maka ketika saya merasa down bisa segera bangkit atau ketika sedang semangat dapat terus menjaga semangat saya.

Vitamin yang pertama adalah membaca buku. Buku-buku pengembangan diri dan buku biografi seseorang merupakan vitamin yang paling ampuh bagi saya. Dari situ, kita bisa melihat bahwa seseorang yang kondisinya jauh lebih menderita atau lebih sulit dari kita, bisa bangkit dan meraih targetnya. Dengan membaca buku, selain wawasan kita bertambah, semangat kita juga akan bertambah. Buku pertama yang berhasil membuat saya memasuki dunia enterpreneur adalah buku Robert T. Kyosaki yang berjudul Rich Dad Poor Dad. Saya pribadi sebenernya tidak begitu suka membaca buku, tapi saya merasa ada kewajiban dan keharusan untuk membaca. Jadi saya targetkan tiap hari saya harus baca buku walaupun cuma beberapa halaman. Saya juga akan mencoba membuat postingan [1BookPerMonth] untuk menjaga konsistensi tersebut sebagaimana saya membuat tulisan [1CDPerMonth].

Seperti yang saya bilang, saya kurang suka membaca, untungnya sekarang ada satu media lagi yang bisa saya gunakan sebagai pemicu semangat dan penambah wawasan yakni podcast. Podcast merupakan layanan video yang biasa saya pakai di iTunes saya. Saya download berbagai video di podcast tersebut. Video paling favorite saya adalah video-video dari akun TEDx. Menurut saya banyak sekali ide dan inspirasi menarik yang bisa menjadi vitamin yang sangat baik bagi kita. Salah satu video favorit saya adalah video Simon Sinek yang dulu sempat saya posting di blog (di sini). Dengan adanya podcast, klo lagi di travel atau lagi nunggu orang, saya bisa sambil nonton video tersebut di iPad saya.

Yang terakhir dan menurut saya yang paling memberikan impact besar adalah datang ke event atau acara komunitas. Selain karena dengan datang ke acara-acara tersebut kita bisa mendapatkan manfaat accidental meeting (link di sini), di event kita bisa juga belajar dan berbagi. Dengan bertemu orang-orang yang memiliki passion yang sama, memiliki jalur perjuangan yang sama, terkadang terdapat gesekan-gesekan positif yang dapat memicu semangat kita. Ketika kita bertemu orang yang lebih senior, kita bisa berbincang-bincang, menanyakan kisahnya, dan belajar dari perjalanan hidupnya. Ketika kita bertemu dengan orang yang masih baru, kita bisa berbagi pengalaman, memberikan saran, dan membantunya berkembang juga. Hal-hal tersebutlah yang membuat kita bisa tercharge semangatnya setelah selesai mengikuti suatu event.

Ada satu hal yang perlu diperhatikan, multivitamin tersebut hanya mampu mendorong semangat dan semangat tidak akan ada gunanya kalau tidak dibarengi dengan aksi. Baiknya, setelah kita terpacu semangatnya, langsung kita salurkan untuk melakukan aksi sebelum semangat itu padam lagi. Misalkan setelah datang event, semangat, langsung malamnya mengembangkan produknya. Atau jika setelah baca buku, dapat suatu pelajaran, langsung terapkan dalam diri kita.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Bacaan Beberapa Minggu Ke Depan | Ardisaz
  2. Beli Buku Impor Murah Di Acara Big Bad Wolf ICE BSD – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: