Iklan
My Journal

Memburu SIM Keliling

Jadi ceritanya SIM saya akan berakhir masa berlakunya pada tanggal 22 agustus 2012. Memang sepertinya dibuat habis ketika hari ulang tahun supaya kita tidak lupa untuk memperpanjang mungkin yah? Jadi demi mencegah SIM mati dan denda, saya berencana memperpanjang SIM tersebut. Masalahnya adalah hari kerja saya di Bandung dan baru bisa pulang ke rumah weekend. Akhirnya kemaren Jumat, saya ijin satu hari dari kantor sebelum liburan soalnya hari selasanya saya sudah mudik. Klo diurus Senin, takut mepet gitu. Jadilah kamis malam saya sudah pulang demi perpanjang SIM tersebut.

Jumat pagi, rasanya agak mepet sama solat jumat nih klo berangkat jam 10. Rencananya saya ingin ke samsat yang ada di depok town square. Akhirnya abis sholat jumat, saya ke bengkel toyota buat service mobil persiapan untuk mudik, baru jam 14-an selesai ninggalin mobil di bengkel. Dari bengkel ke detos deket, tinggal nyebrang. Begitu sampai depan detos, saya tanya tempat untuk perpanjang SIM dimana ke sapam. Di bilang lurus aja, mentok, ke kanan, di tempat parkir. Dari deskripsi yang diberitahu oleh Ibu saya sebelum berangkat adalah di dalam mall, tapi ya sudah saya ikuti saja petunjuknya dan bener deh ketemu mobil SIM keliling. Pas di tengok, kok kosong dan gak ada aktivitas gitu yah. Ternyata sudah tutup kata salah seorang sekuriti di sekitar situ. Waduh. Katanya besok pagi dia ada lagi di Margocity (depan detos) jam 9 atau jam 10an gitu. Hmm oke deh, saya pun pulang naik angkot ke rumah.

Nah sebelum saya berangkat hari sabtunya, saya diberitahu klo yang di Detos itu Samsat buat perpanjang STNK, klo yang buat perpanjang SIM harusnya di polres atau di SIM keliling. Saya sebetulnya agak hoki gak hoki sih pas jumat itu kebetulan SIM keliling ada di detos jadi tau klo Sabtu pagi jadwalnya di Margocity. Jam setengah 11 saya sudah tiba di Margocity, tanya ke sapam, dan di bilang ada di parkiran samping. Sampe sana, yang ngantri udah bejubel, ada kali 30an orang lebih udah standby megang kertas saya gak tau itu apa. Pas mau daftar, katanya udah overcapacity, klo mau jam 4 sore di ITC Depok, Minggu jam 12 siang di ITC Depok, atau Senin di Honda Care Center Sawangan. -_- Waduh. Jam 4 mepet banget sama jadwal ambil mobil dari bengkel. Apa Minggunya ato Seninnya aja yah? Akhirnya karena waktu masih lama, saya pun pulang lagi.

Menjelang jam 3, saya berangkat lagi (tapi sekarang ke bengkel dulu). Ambil mobil yang sudah diservice, lalu berangkat ke ITC. Dengan sangat terburu2 melangkah di tengah ITC yang entah kenapa penuh banget sama orang, saya mencari ATM untuk ambil uang. Setelah ambil uang, berusaha melewati lautan manusia lagi menuju ke parkiran tempat SIM keliling berada dengan susah payah. Sampe sana, ternyata tidak serame di margo :’) Saya bisa langsung isi formulir, menyerahkan kembali formulir tersebut beserta satu buah fotokopi KTP dan SIM asli saya (A dan C), lalu tanda tangan di sebuah kertas putih, duduk manis deh. Hanya selang 20-30 menit, saya sudah dipanggil masuk ke dalam mobil, dicek data-datanya, difoto, bayar (315rb untuk dua SIM), sudah deh selesai 🙂 Fiuh, akhirnya bisa selamat memperpanjang SIM, klo misalkan keburu mudik tapi SIM mati, bisa bahaya nih perjalanan nanti (plus dendanya -_-).

Formulir yang harus diisi

Suasana di dalam mobil yg dingin, nyaman, serta petugas yg ramah 🙂

Berikut sedikit rangkuman dan tips untuk memperpanjang SIM dengan SIM keliling.

  1. Siapkan foto kopi KTP satu lembar
  2. Siapkan SIM asli yang ingin diperpanjang
  3. Siapkan uang (hmm klo saya SIM A dan SIM C total 315rb)
  4. Cari tahu jam berapa dan dimana mobil SIM keliling tersebut berada
  5. dan yg terpenting, siaga di lokasi sebelum mobil SIM keliling dateng biar prosesnya cepat

Semoga bermanfaat bagi yang berminat untuk memperpanjang SIM yah. Asalkan udah tau tips dan triknya, harusnya proses ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat kok. Terima kasih SIM Keliling dan petugasnya yang ramah serta kooperatif 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Trackback / Pingback

  1. Birokrasi Indonesia “On The Move”: Pelayanan Prima Samsat Cepat « A Brand New Day

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: