Iklan
My Journal

Etika Menegur Orang Lain

gambar diambil dari thestoryinme.wordpress.com

Beberapa minggu yang lalu, saya sempat ngobrol-ngobrol dengan Ayahnya Dea terkait dunia kerja. Dari obrolan tersebut, sampailah kepada obrolan tentang situasi jika sedang rapat. Ada cara dan etika yang harus kita hadapi jika sedang memimpin sebuah rapat atau sedang mengikuti sebuah rapat, salah satunya adalah etika dalam menegur. Kalau kita ingin menegur orang, lakukan secara personal namun jika ingin memuji seseorang, tidak apa-apa di ruang publik. Ketika kita menegur atau mengkritik seseorang di ruang publik, yang ada orang tersebut akan menjadi defensif dan cenderung menutup diri. Teguran yang tadi maknanya memperbaiki jadi tidak tersampaikan. Namun sebaliknya, jika kita memuji seseorang, akan membuat seseoran menjadi merasa lebih dihargai. Ini adalah salah satu softskill yang perlu dibiasakan dan dipelajari.

Menegur atau mengkritik seseorang tidak boleh hanya dengan mengucapkan saya tidak suka atau anda salah. Orang tersebut tidak akan tahu bagian mana yang salah dan bagian mana yang harus diperbaiki jika kita hanya menyampaikan perasaan kita. Untuk mengkritik, ada caranya agar kritik kita didengarkan tanpa menimbulkan rasa sakit hati dari yang kita ajak bicara, nama tekniknya adalah good sandwich. Mulailah dengan menyatakan sesuatu yang baik, baru beritahu dibagian mana yang perlu perbaikan, dan ditutup dengan hal baik.

gambar diambil dari n8tip.com/

Intinya, yang perlu diingat adalah kita menegur dan mengkritik tujuannya agar orang menjadi lebih baik, bukan untuk menyakiti orang itu. Jika orang tersebut sudah menutup diri dan merasa tersinggung, tentu dia tidak akan mau mendengarkan kata-kata kita lagi. Jadi, hati-hatilah ketika kita mencoba mengkritik dan menegur seseorang, pastikan kita menggunakan etika yang baik dan tidak menyakiti orang tersebut. šŸ™‚

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Etika Menegur Orang Lain

  1. intan hartati // 17/04/2013 pukul 10:38 pm // Balas

    ini betul sekali, apalagi untuk org yg sensitivitasnya tinggi, pasti menutup diri sekali.

    Suka

  2. intan hartati // 17/04/2013 pukul 10:39 pm // Balas

    terimakasih postingannya šŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: