Iklan
My Journal

Survey Sebelum Mengambil Promo Kartu Kredit

gambar diambil dari forbes.com

Salah satu keuntungan memiliki kartu kredit adalah banyaknya tawaran promo dari berbagai merchant. Selain itu, banyak juga tawaran keanggotaan ini-itu yang masuk ke kita, baik lewat telepon ataupun dikirim ke rumah. Kita harus benar-benar selektif dan tidak mudah tergoda dalam memilih paket, promo, ataupun keanggotaan dari suatu penawaran. Beberapa ada yang menguntungkan, beberapa ada yang tidak begitu berguna, ada yang melakukan penipuan, dan masih banyak lainnya. Saya ingin sedikit berbagi pengalaman saya dalam mengikuti suatu tawaran.

Seperti penawaran2 lainnya, banyak sekali penawaran yang masuk melalui telepon. Hal ini memang sah, karena ketika kita apply kartu kredit, sudah ada di term dan agreement (yg pasti pada gak baca) tentang nomer hp kita yang boleh disebarkan ke merchant untuk keperluan kerja sama promosi dan sebagainya. Jadi, memang sudah resiko dan keuntungan dari pemegang kartu kredit untuk mendapatkan penawaran2 dengan model tersebut. Lanjut lagi, saya menerima telepon dari suatu travel agent yang mengatakan bahwa saya satu dari 30 orang yang mendapatkan paket khusus dari agency tersebut. Paketnya adalah, karena saya tercatat bersih dalam transaksi perkartukreditan dan direkomendasikan, maka saya mendapatkan paket keanggotaan selama 5 tahun yang hanya perlu membayar satu tahun. Paketnya adalah diskon penerbangan (5-25%), hotel (25-60%), dan diskon2 lainnya (yang sampai saat ini saya belum dapat katalognya karena sedang diperbaharui, tapi saya pastikan untuk hunting dan terus meminta katalog tersebut :p). Saya rasa paketnya lumayan, tapi harganya juga lumayan -__-“. Tapi ada satu hal yang membuat saya tertarik, yaitu 5 voucher menginap gratis di hotel bintang 4. Kalau saya lihat harga voucher tersebut, sebanding dengan harga hotel bintang 4 itu sendiri. Jadi kalau saya pakai di peak season, itungannya jadi lebih hemat. Pertimbangan saya ada dua, yang pertama keuntungan secara ekonomis dimana pada peak season saya bisa mendapatkan hotel dengan harga yang lebih murah lalu yang kedua keuntungan secara financial planning yakni saya sudah mengalokasikan uang untuk  jalan-jalan (baca: hooneymoon) yang tidak mungkin dicairkan lagi dan bertenggat waktu sehingga sudah terjamin pengalokasiannya serta menjadi motivasi untuk segera mapan juga 😀

Nah, kesalahan saya yang perlu diperhatikan adalah saya tidak survey terlebih dahulu. Kalau kita tertarik untuk mengambil paket keanggotaan, ada baiknya kita melakukan survey dulu. Minimal sekali adalah survey di internet. Kita lihat bagaiman tampilan websitenya, google bagaimana kesan dan pesan orang terhadap paket tersebut, dan lain-lain. Karena, paket yang sudah saya ambil ini ternyata dari segi penyajian kurang sedap di pandang. Contohnya adalah websitenya kurang menarik, kartu anggotanya kualitas kartunya jelek, bentuk vouchernya tidak menarik, dan sebagainya, walaupun pelayanan via telepon costumer servicenya ramah dan sopan. Jadi kalau saya mengetahui ini dari awal, belum tentu akan saya ambil paketnya. Kita lihat saja nanti selama keberjalannya gimana, kalau ada yang beres, berarti memang terbukti hasil market research saya (yang terlambat) ini mencerminkan kualitas pelayanannya. Ini mungkin bisa jadi pelajaran buat kita semua untuk selalu melakukan market research di awal sebelum mengambil sebuah keputusan.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on Survey Sebelum Mengambil Promo Kartu Kredit

  1. gw mungkin ga pernah punya kartu kredit cuman gw sering banget liat nyokap gw tiap hari diteleponin pihak kartu kredit nawarin ini itu. nyokap gw ampe bosen gitu diteleponin terus. sampe2 sekarang kalo yang nelepon munculnya nomor telepon di layar hpnya (bukan nama yang ada di contact) sama nyokap gw dicuekin. gw juga sempet kesel karena nyokap gw kan ringtonenya sedikit annoying (:P) dan si pihak kartu kredit ini neleponin terus. gw ambil hp nyokap gw terus gw matiin hp dia. LOL

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Harap Hati-Hati dengan Telemarketing | Rumah Pikiran Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: