Iklan
My Journal

Salut untuk Acara #CodingLumia24Hours

gambar diambil dari blog http://alexbudiyanto.web.id

Tanggal 4 dan 5 Februari 2012, Nokia bersama Microsoft menggelar event yang menurut saya sangat luar biasa. Mereka mengumpulkan lebih dari 800 orang developer dari Indonesia dalam satu tempat untuk melakukan Coding (membuat program) dalam waktu 24 jam. Acara tersebut disambut antusias oleh para developer, bukan hanya karena mendapat kesempatan langka untuk belajar dan menguasai teknologi baru dari Nokia dan Microsoft yakni Windows Phone, mereka juga berkesempatan memenangkan Smartphone terbaru dan terhebat milik Nokia yaitu Lumia 800. Oh ya, acara ini juga memecahkan rekor MURI ngoding 800 orang selama 24 jam 😀 (baca beritanya di sini)

Suasana Coding 24 jam (diambil dari FB Narenda Wicaksono)

Dari pagi, para Coder antusias sudah mengantri untuk mendaftarkan dirinya, lalu bersiap di meja yang sudah disiapkan panitia di graha mandala siliwangi, Bandung. Setelah siap dengan segala perangkat keras dan perangkat lunaknya, para pembicara satu persatu memperkenalkan teknologi dari Windows Phone tersebut. Hingga malamnya, tiba saatnya para developer tersebut memulai untuk menciptakan karyanya dalam waktu 24 jam. Para coder tersebutpun dengan semangat mengutak-atik laptopnya untuk menciptakan ide yang ada di dalam benaknya menjadi sebuah aplikasi nyata. Seluruh aplikasi yang sudah jadi nantinya akan dimasukan ke dalam Windows Phone Marketplace, sebuah pasar digital tempat dimana para pengguna Windows Phone dari seluruh dunia bisa mengunduh karyanya.

Saya sangat mengapresiasi acara ini, terutama untuk rekan-rekan dari Nokia dan Microsoft yang sudah berjuang selama ini untuk memajukan developer lokal. Saya angkat topi untuk idealisme dan semangat rekan-rekan semua. Saya juga ingin mengucapkan selamat buat 800 developer yang telah menunjukan bahwa anak bangsa mampu untuk berkarya dan bisa unjuk gigi di dunia internasional. Delapan ratus developer ini barulah awal, dengan semangat dan antusias sebesar ini, saya yakin akan ada eskalasi dan pertumbuhan eksponensial terhadap kemapanan digital di Indonesia. Dengan konsistensi yang dipelopori oleh Nokia dan Microsoft untuk mengembangkan sumber daya lokal dengan pengetahuan di bidang IT, saya tidak kaget kalau dalam waktu 4-5 tahun ke depan, Indonesia akan disejajarkan dengan India, Amerika, atau Jepang dari segi kekuatan Industri ITnya. Tetap semangat semuanya, bersama kita bisa 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: