Iklan
My Journal

Seperti Apakah Pemimpin Itu?

Sebuah negara pasti memiliki seorang pemimpin negara, sebuah sekolah pasti memiliki kepala sekolah, sebuah geng pasti memiliki ketua geng, bahkan sampai sebuah kelas di sekolah dasar pun memiliki seorang ketua kelas. Dalam suatu komunitas, organisasi, atau perkumpulan, di dalamnya terdapat sejumlah besar orang yang di dalam kepalanya terdapat berbagai macam pikiran. Bahkan ada yang di dalam kepalanya tidak punya pikiran sama sekali. Sedang untuk bisa hidup harmonis, dibutuhkan keteraturan dalam menata kepala-kepala yang berbeda itu agar bisa membawa komunitas tersebut menuju arah yang semestinya. Sebagai contoh, di dalam sebuah sistem pendidikan suatu sekolah dasar, pastilah guru-guru di sana memiliki berbagai macam karakter, pemikiran, ideologi, kepercayaan, dan pikiran-pikiran lain di kepalanya. Namun perbedaan itu harus ditata agar arah sistem dari organisasi tersebut tercapai, yaitu pendidikan. Seorang pemimpin adalah maestro yang menentukan arah dari komunitas yang dibawanya.

Banyak sekali kriteria yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Saya menemukan puluhan buku yang membantu kita mempelajari kepemimpinan. Bukan berarti dengan semaraknya buku-buku kepemimpinan membuat kita berpikiran bahwa jika semua orang ingin menjadi pemimpin, maka tidak ada yang bisa dipimpin. Justru di buku-buku tersebut dituliskan bahwa salah satu sifat yang diperlukan oleh seorang pemimpin adalah harus bisa memimpin dirinya sendiri dan mau dipimpin oleh orang lain. Dengan kesadaran akan sifat-sifat kepemimpinan yang diperlukan, maka kita pun akan semakin mudah untuk menentukan seorang pemimpin yang terbaik untuk semua.

Setiap pemimpin memiliki gaya dan cara masing-masing dalam memimpin. Ada yang pembawaannya keras, tegas, disiplin, tenang, santai, bersahabat, dan lain-lain. Tapi seorang pemimpin pastilah memiliki sebuah kharisma. Kharisma yang muncul dan terbentuk dari sikapnya sehari-hari, keputusan-keputasannya yang arif dan bijak, kepekaan dan kepeduliannya terhadap sekitar, juga keberaniannya dalam bertindak. Kemudian yang dibutuhkan dari seorang pemimpin salah satunya adalah sebuah visi atau arah.  Visi merupakan cita-cita atau tujuan mengenai akan dibawa kemanakah organisasi, komunitas, atau perkumpulan tersebut. Pemimpin yang besar adalah pemimpin yang memiliki visi yang besar dan juga realistis. Tentu visi yang dilengkapi dengan misi, atau cara-cara untuk menuju visi tersebut. Sehingga tidak hanya sekedar memberikan mimpi, tapi juga jalan untuk meraih impian tersebut.

Masih banyak lagi hal-hal yang harus dimiliki oleh pemimpin yang tidak bisa dibahas satu persatu, namun ada ringkasan menarik yang dapat menggambarkan figur seorang pemimpin atau leader. LEADER. (Love, Education, Altruistic, Dreams, Effective, Risks). Pemimpin yang mencintai komunitas yang ia bawa, yang selalu belajar dan belajar, yang memimpin dengan ikhlas dan tanpa pamrih, yang memiliki impian, cita-cita, atau visi yang baik, yang mampu memimpin dengan efektif, dan seorang yang berani menghadapi resiko sebagai seorang pemimpin.

(gambar dari http://www.everydaygivingblog.com/2008/02/leader-educated.html/)

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Seperti Apakah Pemimpin Itu?

  1. mmm… hampir sama dengan lo, gw juga berpendapat pemimpin yang baik adalah pemimpin yang berjodoh dengan yang dipimpin.

    Suka

  2. Menjadi pemimpin tidak mudah, harus tanggung jawabnya besar. Tapi harus ada orang yang memimpin… Semoga jodoh ya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: