Iklan
My Journal

Nostalgia Ujian Akhir Nasional

Tidak terasa hari Senin besok (18 April 2011) sudah akan dilaksanakan Ujian Akhir Nasional (UAN). Saya jadi ingat tiga tahun yang lalu ketika saya berada di posisi mereka. Kalau tidak salah, mata pelajaran yang diujikan saat itu adalah Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Yang paling teringat dalam ingatan adalah soal ujian Kimia yang ternyata teori semua, hitungannya hanya sedikit dan sekalinya ada, bukan hitungan yang langsung bisa dimasukan ke rumus karena butuh pemahaman. Soal Fisikapun juga tidak jauh beda. Yang bisa dinikmati hanya soal Matematika, Biologi, dan Bahasa Inggris saja. Untuk Bahasa Indonesia, ternyata setelah diperiksa, cukup banyak yang mendapatkan nilai kurang maksimal di pelajaran Bahasa Indonesia (aneh kan?).
Kemudian setiap tahun pasti kita bisa melihat paska UAN, ketika nilai diumumkan, stasiun televisi akan ramai menyiarkan berita kehisterisan mereka yang lulus UAN, kesedihan mereka yang gagal lulus UAN, hingga perilaku anarkis sebagai bentuk luapan emosi mereka. Namun hal itu sama sekali tidak saya rasakan di SMA MAN saya. Ketika UAN selesai, yang ada dipikiran saya dan teman-teman hanyalah mengenai pencarian universitas idaman. Karena nilai UAN tidak dipakai sebagai acuan untuk masuk ke universitas, yang ada dipikiran saya adalah yang penting bisa lulus. Toh kenyataannya nilai UAN pun memang tidak pernah terpakai lagi sampai saat ini.
Sedikit tips untuk teman-teman yang akan menghadapi UAN, banyak-banyak lah berdoa semoga diberi kemudahan dan mendapatkan hasil terbaik. Jangan terlalu memforsir diri menjelang ujian. Manfaatkan Sabtu dan Minggu ini untuk refreshing dan menyegarkan pikiran (tentu setelah teman-teman berjuang mati2an belajar dalam beberapa bulan ke belakang). Dan yang terpenting, jangan melakukan kecurangan dalam bentuk apapun. Percaya sama kemampuan diri sendiri dan jadilah insan-insan yang jujur serta memiliki integritas. Good luck yah.
Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: