Iklan
My Journal

Konsep Tiga Roda by Pak Yusep

Ada sebuah konsep menarik dari kuliah yang disampaikan oleh salah seorang Dosen saya, Pak Yusep. Beliau memberikan sebuah ilustrasi tentang apa itu inovasi. Bayangkan ada tiga buah lingkaran. Lingkaran pertama adalah teknologi, lingkaran kedua adalah user, dan lingkaran ketiga adalah market.
Kondisi yang banyak terjadi di kalangan akademisi saat ini adalah terlalu berkutat dengan lingkaran teknologi dan kurang memperhatikan lingkaran user dan market. Itu mengapa banyak sekali hasil tugas akhir mahasiswa yang ujung-ujungnya mengendap di perpustakaan dan penuh oleh debu. Ini merupakan tantangan buat kita semua agar kita bisa membuat sebuah karya yang mengiris unsur teknologi, user, dan market dengan maksimal. Irisan ketiga hal itulah yang disebut dengan inovasi, sebuah karya yang menggunakan teknologi untuk memberikan kepuasan bagi user dan dapat diterima pasar.
Mari kita biasakan dari sekarang untuk tidak hanya memperhatikan ilmu (teknologi), tapi juga memperhatikan user dan juga pasar. Pastikan hal yang kita ciptakan bisa diimplementasikan dan bisa memberikan manfaat. Gak mau kan karyanya cuma jadi hiasan semata. Mari kita penuhi Indonesia dengan inovasi-inovasi segar.
Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: