Iklan
My Journal

RAD, Testing Device NOKIA Jarak Jauh

Salah satu kesulitan dalam melakukan develop aplikasi untuk Symbian adalah kita harus memastikan aplikasi kita berjalan di berbagai tipe Nokia yang memiliki spesifikasi berbeda-beda (Seperti lebar layar, jenis OS, dan lain sebagainya). Untuk memastikan aplikasi kita berjalan dengan baik untuk seluruh device Nokia, minimal kita harus melakukan testing ke satu device berbasis S40, S60, dan Symbian^3. Tentu akan menjadi keterbatasan jika kita tidak memiliki ketiga device tersebut untuk melakukan testing. Nokia menyediakan sebuah fasilitas untuk melakukan uji coba secara Online.

Di sini terdapat link menuju fasilitas Remote Device Access dari Nokia. Fasilitas RDA memungkikan kita untuk melakukan reservasi handset Nokia yang telah disediakan dan menggunakannya untuk melakukan pengujian. Kita juga bisa langsung melakukan reservasi dua device di waktu yang bersamaan untuk melakukan uji coba networking. Caranya cukup mudah, pastikan kita sudah menjadi member di forum Nokia dan sudah menjadi publisher dengan memiliki account publisher di OVI Store. Setelah itu kita bisa memesan sebuah installer dalam bentuk .sis agar device tersebut bisa digunakan untuk melakukan uji coba sesuai dengan UID milik kita (karena UID tersebut tidak bisa digunakan untuk melakukan testing selain di device yang IMEI nya telah kita daftarkan ke Nokia). Atau cara lain adalah dengan menggunakan file .sis kita yang masih menggunakan UID langsung dari Qt Creator (tergenerate otomatis). Namun efeknya adalah jika kita lupa menghapus aplikasi kita di RDA, aplikasi kita bisa diambil dan disebarluaskan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: