Iklan
My Journal

Studio Kecil Ku

Yak, saat ini ketiga benda super  inilah yang menjadi alat tempur saya saat ini untuk berkarya.

Yang pertama adalah Mac Book Pro 13′ yang saya gunakan untuk mendevelop aplikasi berbasi iOS. X-Code sebagai tools untuk developing iOS application (untuk iPhone, iTouch, iPad) memang hanya bisa digunakan untuk sistem operasi MAC OSX sehingga wajib hukumnya memiliki Mac Book untuk bisa mendevelop. (keculai menggunakan hackintosh)

Berikutnya adalah laptop ACER dengan sistem operasi Windows 7. Laptop ini digunakan untuk mendevelop aplikasi WP7 menggunakan software Visual Studio. Software tersebut hanya berjalan di sistem operasi Windows Vista ke atas.

Yang terakhir adalah laptop legendaris saya, ACER yang menggunakan sistem operasi Windows XP. Laptop ini masih saya gunakan untuk mendevelop aplikasi berbasis Symbian. Saya terpaksa tetap menggunakan laptop ini karena Qt Creator yang digunakan untuk mendevelop aplikasi sangatlah “sensitif” dan gampang “ngambek”. Oleh karena itu saya tidak ingin mengambil resiko menggunakan environment yang berbeda dan tetap mendevelop aplikasi untuk Symbian menggunakan laptop ini.

Yah, inilah implikasi dari keterbatasan yang mungkin sengaja dibuat oleh para vendor sebagai strategi bisnisnya sehingga harus menyiapkan environment tertentu untuk mengembangkan aplikasi tertentu. Tapi yang penting kita bisa terus berkarya dan produktif apapun itu kondisinya.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on Studio Kecil Ku

  1. aku mau tanya ttg symbian…
    kebetulan lg dapet project buat bikin aplikasi,
    tapi aku bingung ni cara nggabungin antara layer yg satu dgn yg lain….
    makasi sebelumnya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: