Iklan
My Journal

Minum Air Putih

gambar diambil dari http://www.krismbeal.com

Sekitar beberapa waktu yang lalu saya membaca sebuah update status di sebuah media sosial mengenai kerabat saya yang terdapat pengendapan di ginjalnya akibat kurang minum dan terlalu banyak duduk. Dia baru mengetahui hal itu setelah melalui proses medical check up. Sontak saya merasa was-was karena pekerjaan saya lebih banyak duduk dan berada di depan laptop, dan ditambah lagi saya sangat malas minum. Karena takut terjadi kenapa-kenapa pada ginjal saya, akhirnya saya pun mencoba untuk minum dengan jumlah yang cukup banyak tiap harinya.

Sehari atau dua hari semenjak itu, saya menjadi penasaran, ada tidak sih efek negatif kalau justru saya terlalu banyak minum air putih? Dan berapa sih takaran yang ideal untuk minum air itu? Untuk jumlah ideal, beberapa teman mengatakan 1-2 Liter, ada yang bilang 8 gelas air putih, tapi konon katanya air itu tidak harus dalam bentuk air putih. Di buah-buahan atau sayuran yang mengandung air pun bisa juga, tapi katanya lebih baik kalau air putih. Lalu untuk efek negatifnya, sebagian besar teman saya merespon akan jadi sering ke kamar mandi untuk buang air -_- ya itu saya juga tau. Lalu ada teman saya lainnya yang merespon ada sebuah penyakit yang namanya  hyponatremia. Wah serem juga, katanya itu kekurangan Na di dalam darah karena terlalu banyak air. Kemudian temen saya ada yang merespon kalau tidak ingin kekurangan Na, lebih baik minum Pocari Sweat saja, itu bagus untuk ion tubuh. Teman saya yang lain menjawab orang Indonesia mengonsumsi garam melebihi kadar normal, jadi minum air yang banyak aja, gak usah takut kekurangan Ion. Wew, beragam yah jawabannya. Lalu ada lagi teman saya yang bilang justru klo pocari sweat diminum tidak sehabis olahraga, bisa berbahaya untuk tubuh (jika sering minumnya). Malah beliau menganjurkan Super O2, minuman beroksigen.

Menarik yah, dari awalnya membahas tentang kekurangan minum air, jadi membicarakan hyponatremia, pocari sweat, sampai air beroksigen. Ya intinya saya harus merubah kebiasaan saya yang jarang minum air dan terlalu banyak duduk dengan minum air minimal sehari 8 gelas dan merutinkan olahraga. Kalau sudah masalah kesehatan, kalau kenapa-kenapa, harganya mahal dan justru kadang tidak bisa disembuhkan. Kalau sudah terlanjur sakit, jadi makin repot kan. Lebih baik sedikit repot dengan banyak minum air dan olahraga daripada harus kehilangan ginjalnya.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on Minum Air Putih

  1. namun hati2 juga dalam minum air putih, kalau terlalu banyak bisa berakibat fatal bagi kesehatan kita ni

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: