Iklan
My Journal

Perang: WINDOWS vs LINUX vs MAC [part 1]

Setelah akhirnya duduk di tingkat tiga berkuliah di informatika ITB, saya telah merasakan dan mengalami langsung berkomunikasi dengan komputer menggunakan beberapa Operating System (OS). Bahkan semester ini saya mendapat mata kuliah sendiri tentang OS. Berdasarkan fakta dan data yang ada, tiga vendor OS yang paling sengit bersaing adalah MAC sang APPLE, WINDOWS raja office, dan LINUX si pinguin yang terbuka. Berikut adalah pengamalaman saya menggunakan masing-masing OS.

WINDOWS

Sebagian besar pengguna komputer, terutama di Indonesia menggunakan OS windows. Mulai dari jaman windows 98 sampai saat ini windows seven akrab digunakan oleh kalangan mainstream. Hal ini sangatlah wajar dikarenakan produk-produk windows sangat banyak. Software-software berbasis windowspun mendominasi pasar. Alhasil interaksi dan komunikasi antar pengguna device semakin mudah karena semuanya berorientasi windows. Oleh karena itu windows sangatlah disarankan bagi pengguna komputer yang mainstream dan menyentuh berbagai elemen dengan sangat general.

Kekurangan windows yang pertama adalah dia sangat rentan terhadap virus. Lebih dari 90 persen virus yang ada menyerang OS windows. Tentu saja hal ini sangat menyulitkan pengguna komputer karena harus berhadapan dengan proses loading yang lama, data yang terpaksa harus dihapus, hingga sistem yang mati total. Selain itu sistem manajemen hardware yang dimiliki windows dirasa kurang optimal karena windows merupakan OS sapu jagad yang berusaha mengakomodir berbagai elemen untuk berbagai keperluan. Dan salah satu kekurangan windows adalah dalam hal keramahan dengan user. GUI windows cukup kompleks dan untuk menjalankan suatu operasi dibutuhkan proses yang tidak mudah seperti untuk menginstal program, untuk sinkronisasi dengan device lain, dll.

Kesimpulannya OS windows sangatlah berguna bagi kalangan masyarakat umum, terutama yang keprofesiannya mengharuskan seseorang menggunakan software berbasis windows demi kemudahan berkomunikasi.

[bersambung]

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: