My Journal

Menulis lagu

Ajang ekspresi diri, membuat lagu. Cukup menarik untuk dicoba, karena setiap orang mampu membuat lagu. Bahkan orang buta pun dapat membuat karya yang indah. Dari sebuah film yang saya tonton, lagu itu ibarat wanita. Musik dan aransemennya ibarat tubuhnya. Dari nada sebuah lagu, kita seolah menilai apakah wanita tersebut sexy, manis, cantik, lucu, atau biasa saja. Nada yang indah ibarat kata melihat seorang wanita yang cantik sehingga membuat kita tidak bisa mengalihkan pandangan kita walaupun sesaat. Ketika kita ingin mengenal lebih dalam wanita itu, kita kemudian perhatikan perilakunya, pribadinya, dan sifatnya. Dalam lagi ini ibaratkan lirik lagu. Dari lirik lagu tersebut, kita bisa membaca pesan yang ingin disampaikan, mendengarkan  makna lagu tersebut, dan masuk ke dalam cerita yang ditulis. Dari cara memilih kosa kata, penggunakan majas, frasa, dan segala bentuk balutan kata-kata, kita mampu menilai kesungguhan lagu tersebut, sifat dari lagu tersebut, dan terutama nafas dari lagu tersebut.

Dalam membuat nada dari lagu tersebut, dibutuhkan dasar-dasar dari bermusik yang bisa dipelajari teorinya ataupun dipelajari secara otodidak. Nada seperti apa yang bisa menggambarkan kesedihan, semangat, kekuatan, dan lain-lain. Rangkaian nada-nada tersebut dapat membangkitkan perasaan dan juga dapat memberikan kenyamanan. Nada-nada yang membuat kita merasa santai, nada-nada yang membuat kita merasa sedih, dan lain-lain. Seiring berjalannya waktu, kemampuan mengolah nada pasti akan semakin baik. Pasti akan semakin mahir mengombinasikan nada.

Membuat lirik lagu juga bukanlah hal yang sulit. Tak ada bedanya dengan bercerita. Tapi tiap tulisan akan memberikan kesan yang tersendiri. Dengan menyocokan lirik dengan musik, bisa membuat lagu yang diciptakan semakin bagus. Teknik menulis juga akan mempengaruhi kesan yang akan diterima pendengarnya. Pemilihan kata dapat menciptakan imej pada lagu tersebut. Dengan pemilihan kata, pendengar dapat menilai lagu tersebut. Apakah lagu tersebut merupakan lagu romantis, lagu yang memberi kritikan atau sindiran, lagu yang berisi emosi dan kekesalan, lagu yang menunjukan kesedihan atau kekecewaan, dan banyak hal.

Nada dan lirik yang baik merupakan kombinasi yang sempurna dalam membuat lagu. Mulailah berlatih. Practice make perfect

About Adam Ardisasmita (1245 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: