Iklan
My Journal

[GameLog] Mencari User Feedback di Acara Prototype Day

Persiapan game baru Arsanesia yg masih fase prototype

Hari Rabu kemarin, Segitiga.net mengadakan acara rutin bulanan mereka yang bernama prototype day. Prototype day adalah event yang diadakan oleh Segitiga untuk memacu para game maker untuk membuat dan mengembangkan produknya. Ajang ini ditujukan bagi para creator yang ingin meminta feedback dari prototype buatannya kepada user secara langsung. Dengan begitu, kita bisa jadi terus memperbaiki prototype kita ke tahap berikutnya. Misalkan bulan ini kita bawa prototype 20% jadi, bulan depan kita bisa bawa prototype 40% dengan feedback dari user di bulan yang lalu serta mendapatkan feedback untuk fase berikutnya.

Saat ini Arsanesia masih fokus memantain dan mengupdate Roly Poly Penguin. Tapi sembari itu, kami sedang membuat satu lagi produk baru yang saat ini progres developmentnya sudah kira-kira 80%. Tinggal finalisasi, polishing, lalu bisa masuk beta testing. Di fase development ini, saya membawa prototype game kami ini ke acara prototype day. Selama tiga jam lebih, meja tempat game baru tersebut diuji coba selalu ramai pengunjung sampai-sampai saya tidak sempat makan karena saking serunya ngobrol dengan user.

Sebagai developer yang jumlah orangnya terbatas, ide yang mampu disalurkan juga terbatas. Dengan acara ini, kami mendapatkan banyaaakkkk sekali ide baru yang segar yang bisa dimasukan ke game baru kami. Tak hanya itu, saya juga jadi bisa melihat UX dari pengguna yang melakukan aksinya, kira-kira action mana yang masih sulit, kira-kira button apa yang bermasalah, lalu navigasinya seperti apa, dan lain sebagainya. Saya dapat berlembar-lembar halaman catatan feedback dan puluhan poin perbaikan dan pengembangan untuk ke depannya.

Buat saya, momen ini sangatlah berharga karena saya bisa dapet user dengan berbagai macam latar belakang dan usia. Ada yang gamer ada yang non gamer ada yang pelajar ada yang sudah bekerja dan lain-lain. Saya rasa proses polishing game baru Arsanesia ini yang akan memakan waktu dan biaya cukup tinggi. Mudah-mudahan nanti dibukakan jalan apakah lewat pemodalan venture capital, apakah lewat crowdfunding, atau ada jalur lain yang bisa melancarkan agar game yang cukup besar dan kompleks ini bisa segera launching. Tapi saat ini, kami masih menggunakan pendekatan lean startup dan sambil bootstrapping demi kelancaran game baru kami. Doakan yah 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: