My Journal

Belajar Pakai Game: Menyelami Sejarah Mesir Di Assassins Creed Origin

Mendengar kata Assassins, pasti kita mikir gimana bisa kita belajar dari game yang judulnya pembunuh. Dan memang benar, game Assassins Creed ini bukan game yang cocok untuk anak-anak karena banyak adegan sadis yang rasanya hanya bisa dimainkan oleh orang dewasa. Tapi salah satu ciri khas dari franchise Assassins Creed adalah keakuratannya dalam menceritakan sejarah dunia. Hal ini jadi salah satu bentuk preservasi budaya dalam medium yang modern, sampai bisa mendongkrak pariwisata di site-site yang ditunjukan di dalam game.

Terus gimana caranya kita bisa pakai Assassins Creed sebagai medium untuk belajar? Nah ini emang harus jago orang tuanya. Saya gak tahu yah apakah di semua serie Assassins Creed ada, tapi di Assasins Creed Origin, yang berlatar belakang di Mesir, ada satu fitur yang menurut saya menarik. Oh klo gak salah yang Odyssey juga ada Ancient Greece Tour nya. Nah di mmode ini, klita bisa bermain dengan normal, mengitu jalan cerita dan tugas-tugas yang memang penuh dengan konten violance. Tapi di dalam game ini, ada juga mode Discovery Tour. Nah di mode ini bener-bener gak ada konflik ataupun kekerasan, pure merupakan experience untuk kita belajar sejarah secara imersif.

Konten yang ada di dalam game Assassins Creed Origin ini merupakan konten yang dibuat secara presisi oleh sejarawan dan dengan mengambil banyak sekali reference visual dari museum dan perpustakaan di seluruh dunia. Ada mode tour terarah dimana kita akan diberikan petunjuk untuk pergi dari satu titik ke titik lain di Alexandriaa, dimana ketika kita sampai di suatu titik penting, dan ada narator yang menceritakan momen menarik di titik tersebut. Guided tour ini menarik sekali karena kita bisa melihat sejarah dan juga ritual yang biasa dilakukan di kuil-kuli, Kita bisa menjelajahi sungai nil. Kita bisa melihat secara dekat lukisan dan juga heroglyphuuics. Bahkan bisa mausk ke dalam piramid giza. Selain guided tour, kita bisa keliling mesir sesuka kita dan tenggelam ke dalam kehidupan di era tersebut. Ada area dimana kita bisa melihat warga yang sedang melakukan mumifikasi.

Jadi kalau berminat untuk mengajarkan sejarah dunia, terutama di mesir, kepada anak-anak, game Assassins Creed Origin ini bisa jadi salah satu alternatif. Tentunya di mode tour discovery yah. Jangan sampai anak-anak di bawah 18+ diberi akses untuk bermain story mode nya.

About Adam Ardisasmita (1374 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan komentar