My Journal

Menghemat Pemakaian Listrik Di Rumah Menggunakan Bardi

Selama pandemi ini, aktivitas saya di rumah jadi lebih banyak. Kerja di rumah, main di rumah, sekolah di rumah, semua kegiatan dilakukan di rumah. Anak dan istri juga full di rumah. Hal ini membuat konsumsi listrik jadi meningkat drastis. Kenaikan biaya listrik bulanan pun jadi cukup drastis, naik hingga 50% nya. Untuk itu, penting sekali bagi kita untuk bisa menghemat penggunaan listrik semaksimal mungkin.

Hal-hal kecil yang kadang bikin cukup jebol tagihan listrik adalah hari udah terang, tapi lupa matiin lampu. Atau kalau malem, lampu di dapur sebenernya gak perlu terang-terang amat, yang penting keliatan gak gelap. Atau kalau udah pada tidur, lampu di ruang tengah gak perlu nyala. Atau yang paling sering kejadian, AC di kamar lupa dimatiin. Hal ini yang saya ingin coba solve dengan menjadikan rumah saya Smarthome.

Untuk lampu, sebenernya selama ini saya sudah pakai produk Yeelight dari Xiaomi. Tapi memang harganya relatif tidak murah yah. Lalu saya dikirimkan produk Smartlight dari Bardi dan juga IR Remote. Saya cek harganya di Tokopedia, wah ternyata relatif lebih murah. Kemudian saya cobain deh fitur-fiturnya, apakah bisa diandalkan.

Pertama Smart Lightnya dulu. Kesan pertama yang ku rasain adalah proses pairingnya gak berjalan mulus. Kalau Yeelight, pairing itu 1st attempt pasti sukses. Klo Bardi ini percobaan pertama yang scan area gak konek. Baru pas masuk mode pairing dengan menjadikan perangkatnya hotspot, bisa konek. Tapi habis itu, fitur-fiturnya hampir mirip dengan Yeelight. Bisa ganti warna lampu, tingkat keterangannya, bisa scheduling lampu, dll. Cuma sayangnya, belum bisa diintegrasikan dengan Siri. Di Youtube ada tutorialnya, tapi pas ku coba, menu siri gak muncul di apps ku. Ini agak disayangkan sih karena aku cukup sering pakai siri untuk mattin dan nyalain lampu. Terus juga belum ada widget untuk IOS nya untuk quick shortcut jadi bisa mati nyalain lampu lebih mudah. Sisanya sih berjalan dengan lancar-lancar aja.

Yang kedua IR remote. Jujur awalnya saya gak ngeh ini benda apa. Ternyata ini adalah remote. Bisa jadi remote TV, remote AC, dan remote-remote lainnya yang berbasis Infrared. Ini teknologi yang saya gak tahu kalau saya butuh. Jadi dengan IR Remote ini, saya bisa mematikan TV dan AC dari handphone saya, gak perlu nyari-nyari remotenya yang ada banyak. Proses pairingnya sama yah kayak yang lampu, butuh pakai pairing mode langsung ke perangkatnya dulu agar bisa pairing. Terus yang menarik adalah di apps nya, ada preset TV, AC, dan perangkat-perangkat lain yang udah jadi defaultnya. Atau kalau gak ada, kamu bisa daftarin remote kamu ke IR Remote ini dengan cara masuk ke record mode DIY, arahin remote TV kamu ke IR Remote, pencet tombol di remote kamu, nah itu akan ke record di IR Remote dan jadi bisa akses tombol di remote itu via HP kamu.

Bagaimana memanfaatkan kedua benda tadi untuk menghemat listrik? Jadi ada fitur yang saya sangat suka di aplikasi Bardi ini yakni scheduling. Saya bisa schedule di jam berapa biasanya kita bangun jadi bisa nyalain lampu kamar dan matiin lampu tidur, di jam berapa hari udah mulai terang jadi bisa matiin lampu ruang tengah, di jam berapa kamar udah gak dipake jadi AC kamar bisa dimatiin, bahkan di jam tertentu dimana lampu dapur kita nyalain agak terang, terus pas udah agak maleman kita sedikit redupin, pas udah pagi kita matiin. Jadi kita gak perlu lupa lagi matiin lampu atau AC atau TV. Bahkan kadang kayak kalau habis dari luar, baru mau nyampe rumah, biar AC kamarnya dingin, kita bisa nyalain duluan sebelum sampe rumah.

Kesimpulan ku pakai Bardi ini adalah secara fungsional, Bardi memberikan fitur-fitur utama yang dibutuhkan dari Smart Lamp dan IR Remote dengan baik. Yang paling menjadi daya jualnya adalah harganya yang amat sangat kompetitif. Dengan harga yang sangat murah ini, wajar aja sih kalau performa dan fitur-fitur di aplikasinya belum lengkap. Tapi hopefully bisa diperbanyak ke depannya. Lalu aku juga pakai produk-produk Yeelight di rumah. Agak ribet emang kalau pakai dua benda smart home di rumah karena jadi perlu dua aplikasi hub. Tapi kelebihannya Bardi adalah lini produknya banyak banget. Selain dua benda tadi, ada light switch, colokan listrik di tembok, CCTV, feeder makanan buat hewan peliharaan, hingga vacuum cleaner. So, worth to try banget buat yang mau membuat rumahnya jadi lebih hemat dan smart. Silahkan cek produk-produknya di websitenya Bardi atau di IG nya BArdi yah.

About Adam Ardisasmita (1241 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: