Iklan
My Journal

[Review] [App] Mencatat Pengeluaran Dengan Aplikasi Expense Manager

Untuk mengatur keuangan, pengeluaran dan pemasukan harus bisa dimonitor dengan baik. Untuk pemasukan mungkin lebih gampang yah karena biasanya dalam sebulan tidak akan terlalu banyak aktivitasnya dan cenderung sekali masuk langsung besar nilainya. Berbeda dengan pengeluaran yang tiap hari bisa saja ada puluhan transaksi dengan nilai yang kecil-kecil. Tentu sulit sekali untuk mencoba mencatat pengeluaran.

Dulu saya sempat mencatat keuangan menggunakan buku. Lalu karena tidak praktis, saya mencoba menggunakan microsoft excel. Kemudian seiring berkembangkan teknologi mobile, saya beralih ke menggunakan apps untuk mencatat keuangan. Ada banyak sekali apps yang sudah pernah saya gunakan untuk mencatat keuangan.

Bagian tersulit dari pencatatan keuangan tentu adalah disiplin untuk menjaga konsistensi memasukan data pengeluaran tiap melakukan transasksi. Di sinilah peran aplikasi yang baik diuji. Sebuah aplikasi yang memiliki UX yang baik haruslah bisa memotivasi usernya untuk melakukan aktivitas. Apalagi untuk yang sifatnya rutinitas seperti ini.

Setelah berkali-kali mengganti aplikasi pencatat keuangan dari yang gratis hingga berbayar, dari yang paling simpel hingga kompleks, maka saya menyimpulkan bahwa aplikasi Expense Manager di Android ini adalah yang paling cocok dengan kebutuhan saya. Secara UX, aplikasi ini sangat straight forward mencatat pengeluaran berdasarkan kategori per jangka waktu tertentu. That’s it. Gak ada income, gak ada wallet account, gak ada tampilan beribet lainnya.

UI-nya super clean sehingga mudah sekali melihat informasi yang kita butuhkan. Input data juga prosesnya sangat mudah. Ini penting sekali mengingat proses transaksi berlangsung sangat banyak dalam sehari sehingga proses inputnya pun harus secepat dan seflawless mungkin.

Untuk Android, Expense Manager ini ada widget khusus yang isinya total pengeluaran kita perbulan dan tombol untuk menambah pengeluaran. Dengan widget tersebut, tracking dan input data jadi super duper mudah banget. Hanya dalam itungan detik udah bisa input data pengeluaran kita.

Kombinasi semua elemen yang ada di aplikasi Expense Manager membuat saya semakin termotivasi untuk memonitor keuangan. Bahkan bisa juga melakukan kontrol budget dengan sangat mudah melalui aplikasi ini. Dan lagi aplikasi ini gratis (ada iAPnya sih, tapi gak juga gpp). Saya pernah beli aplikasi sejenis ini yang menurut saya terlalu kompleks dan malah membuat proses input jadi belibet.

Kalau mau coba, bisa diunduh di sini. Hati-hati ketuker yah, Expense Manager yang saya pakai ini buatan Markus Hintersteiner. Ada juga soalnya apps serupa dengan nama yang sama :p hehehe Buat saya apps ini patut dapet score 10/10 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on [Review] [App] Mencatat Pengeluaran Dengan Aplikasi Expense Manager

  1. currencynya bisa diganti jadi rupiah kan ya? hehe

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. [Review] [App] Jojonomic: Aplikasi Manajemen Keuangan Dengan Fitur Super Lengkap | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: