Iklan
My Journal

Menyetir Mobil Automatic vs Manual

Sehari-hari biasanya saya menggunakan mobil dengan kopling manual. Ketika lebaran kemarin, saya tukeran mobil dengan keluarga di rumah karena mobil yang biasa saya gunakan akan dipakai untuk mudik sehingga saya harus menggunakan mobil yang automatic sementara. Memang sih dari sisi kepraktisan, menggunakan mobil matic itu lebih mudah, hanya tinggal gas dan rem saja, tidak perlu ganti-ganti kopling. Dengan begitu, kaki kiri kita juga tidak pegel, klo lagi tanjakan juga tidak perlu heboh ngerem atau setengah kopling, dan lain-lain.

Di sisi lain, penggunaan mobil matic juga membuat saya kagok karena lebih sulit mengontrolnya terutama untuk pergerakan-pergerakan yang kecil. Dengan mobil manual, memainkan kopling membuat saya bisa mengendalikan mobil lebih mantap dan lebih presisi, misalkan untuk tanjakan, untuk bergerak, dan untuk parkir. Yang paling repotnya, parkir mobil di rumah BSD itu membutuhkan saya untuk parkir mundur di tanjakan (karena garasinya agak nanjak). Ditambah lagi garasinya memang panjangnya agak ngepas sehingga harus benar-benar mepet tembok. Agak repot memang klo tidak ada kopling yang bisa membantu saya menyesuaikan pergerakan yang hanya sedikit untuk parkir mundur ditanjakan.

Jadi memang mobil matic dan manual itu masing-masing ada kekurangan dan kelebihannya. Mobil matic itu nyaman banget untuk di ibu kota yang rajin macet jadi gak pegel. Udah gitu tangan dan kaki kirinya bisa lebih free. Mobil manual lebih enak untuk medan-medan yang ekstrem dan untuk melakukan pergerakan yang butuh kendali lebih presisi. Tapi saya pribadi saat ini, masih lebih prefer manual dibandingkan matic. Bagaimana dengan anda?

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: