Iklan
My Journal

Adonit, Stylus Terbaik dan Terenak untuk iPad

Seri dan Harga Adonit

Seri dan Harga Adonit

Steve Jobs dulu pernah bersabda bahwa menurut dia experience di iPad tidak boleh menggunakan stylus. Semua gesture dan navigasi harus bisa secara natural dilakukan oleh jari, bukan dengan pulpen. Dan Apple bau-baunya masih taat terhadap titah beliau, walau naga-naganya bakal segera murtad dari arahan tersebut karena mereka baru saja mematenkan teknologi penggunaan stylus. Lalu apakah visi Steve Jobs salah? Mungkin maksudnya adalah penggunaan stylus untuk navigasi yang tidak boleh. Saya rasa penggunaan gesture-gesture yang ada di ipad luar biasa nyamannya dan akan aneh klo musti pake stylus. Akan tetapi, ada aplikasi atau kebutuhan yang saat ini sudah berkembang dan membutuhkan alat bantu stylus. Hal ini lah yang telat diantisipasi oleh Apple dan keduluan Samsung dengan Galaxy Notenya.

Saya sendiri merasa membutuhkan stylus untuk bikin sketch buat game arsanesia, untuk riset game yang dicapture screennya, atau untuk ngereivew game-game arsanesia yang sedang proses testing. Saya dulu sempet belim stylus merk asal aja di Apple Store ketika awal beli iPad, tapi saya kecewa karena ujungnya bentuknya karet yang kenyal dan besar sehingga proses menggambar atau menulis kita jadi tidak presisi. Saya pun akhirnya menyerah mencari stylus karena tidak pernah ketemu yang modelnya bukan seperti itu untuk ipad. Lalu tiba-tiba, ada teman saya di Path, namanya Dea Meitry (bukan Dea istri saya loh ya) ngepost gambar doodling dia yang digambar via iPad. Saya tanya dia pake stylus apa, ternyata dia menggunakan stylus namanya Adonit. Itulah moment pertama kali saya tahu ada stylus super oke namanya Adonit. Saya coba cari di beberapa store tapi ternyata tidak ada yang jual. Saya coba googling2, ternyata di internet ada yang jual, tapi saya pengen coba cari di Apple Store dulu. Kalau harganya gak jauh beda, mending beli di tokonya langsung.

Adonit Jot Pro

Adonit Jot Pro

Yang saya cari adalah yang tipe Jot Pro, di web site harganya 29 dolar, jadi paling harganya 300rb-an lah yah. Saya nemu di PVJ ada, tapi harganya 450rb. Saya nelpon ke Ciwalk, ada tinggal satu, tapi harganya 405rb. Wah kok jauh banget harganya. Akhirnya, saya beli online saja, harganya 325rb plus ongkos kirim 10rb. Pas barangnyanya sampe, saya langsung testdrive dan ternyata emang top banget ini stylus! Ujungnya lancip, jadi feelnya berasa kayak pake pulpen. Di ujung yang lancip itu ada karetnya bentuknya bulet, untuk ngelindungin layar iPad dan juga untuk membuat iPad membaca input ini seperti input dari jari (karena iPad menggunakan layar kapasitif). Saya langsung merasa puas dengan produk jebolan kickstarter ini πŸ™‚ Btw, adonit ini juga bisa digunakan untuk perangkat selain iPad juga, selama dia touchscreen dan kapasitif layarnya.

Fitur adonit jot pro ini sebenernya belum apa-apa di bandingkan yang adonit yang seri di atasnya. Yang Adonit Jot Pro ada dampening tip yang bikin feelnya berasa pakai pulpen. Terus ada magnetnya yang bikin dia bisa dengan mudah ditempel di sisi ipad kita. Kalo seri di atasnya, ada yang bentuknya seperti pensil (kerja sama dengan evernote) yang sudah dioptimalkan untuk penggunaan software penultimate. Lalu ada fitur konektivitas dengan bluetoothnya juga yang bisa membuat Adonit bisa ngedetect tekanan (untuk gambar, semakin kuat tekanan kita, semakin tebal goresan kita) juga untuk ngedetect bagian tangan kita yang menyentuh layar (kalau gambar/nulis, kan tangan kita nempel ke layar tuh). Sayang versi lebih dewa dari adonit ini harganya sangat mahal. Padahal sebenernya saya lebih tertarik sama Adonit script, yang kerja sama dengan evernote, yang bentuk ujung stylusnya seperti pensil. Sayang aja harganya 750rb rupiah -_- Ayo yang mau beliin sini, boleh nih saya terima dengan senang hati πŸ™‚

Berhubung banyak yang tanya, saya beli Adonit Jot Pro diΒ davekomputer.com, tapi sepertinya ini seri Jot Pro yang lama karena belum ada Dampening Tipnya. Walau begitu, yang ini tetep nyaman kok digunakan.

Adonit jot pro nempel di pinggir ipad

Adonit jot pro nempel di pinggir ipad

Hasil coretan abstrak pake adonit jot pro :p

Hasil coretan abstrak pake adonit jot pro :p

Ujung adonit yg lancip, enak dipake buat nulis *tulisannya jelek itu karena orangnya aja yg tulisannya jelek*

Ujung adonit yg lancip, enak dipake buat nulis *tulisannya jelek itu karena orangnya aja yg tulisannya jelek*

Iklan
About Adam Ardisasmita (1125 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

25 Comments on Adonit, Stylus Terbaik dan Terenak untuk iPad

  1. beli di mana kk jadinya? tertarik juga nih…

    Suka

  2. Klo saya jadinya beli di davekomputer.com πŸ™‚

    Suka

  3. Kalau boleh tahu, ipadnya tipe yang mana ya? Saya lagi nyari stylus juga, tapi sempet baca adonit pro kurang responsif dipake untuk ipad air. Terima kasih πŸ˜€

    Suka

  4. Kalo ada yg cari adonit jot script, saya ada jual ya.
    Jdi gk perlu repot2 lg pesen kluar negeri.
    Barang dijamin asli dan bergaransi, karena saya dapet lgsung dari distributornya di indonesia.

    Bisa hubungi saya di 089601316130 / 277db9b6
    http://www.davekomputer.com

    Suka

  5. Yunardi Yusuf // 04/07/2014 pukul 5:07 am // Balas

    Pengen nih beli stylus yg nyaman dan enak dipake, mahal dikit g’ apa2…..

    Suka

  6. Bambang Setyadi // 08/07/2014 pukul 7:08 am // Balas

    caranya gimana kalau mau beli?

    Suka

  7. Mau tanya mas Ardisaz masih di Arsanesia? saya ingin mengkontak Arsanesia tapi tidak ada yang angkat telp nya? apakah saya bisa mendapatkan contact untuk Arsanesia?
    Terima kasih.

    Suka

  8. Mau tanya, Mas Ardizas pake screen protector, nggak? Ada baca positive review juga utk stylus ini di apple community, tapi katanya nggak pake screen protector. Saya hrs pake protector krn klo weekend iPad dipake bocah….

    Suka

  9. kisasindahood // 18/11/2014 pukul 6:06 pm // Balas

    halo mas, akhirnya saya beli jot pro juga gara2 review ini, mau tanya aplikasi handwriting yg bagus di ipad apa ya, trus saya kalo nulis pake jot pro kog susah ya kesenggol2 tangan yg megang jot pronya.. mohon pencerahan..

    Suka

  10. Gan ipad ane, pakek screen guard tipe temper glass , kira” ngaruh gak sama kinerja stylusnya?

    Suka

  11. Mau nanya, katanya ujungnya lancip, kok di gmbrnya seperti ada piringan bening di ujungya.sepertinya bakalan kurang leluasa

    Suka

    • Iya, ujungnya memang ada piringan beningnya. Saya sendiri kurang tahu fungsinya apa, yang jelas piringan tersebut melindungi iPad kita biar gak baret-baret kena ujung stylusnya. So far sih gak kerasa ada piringannya kok πŸ˜€

      Suka

  12. Jotscript evernote berspa harga sekarang ya .?. Naksir juga nich,

    Suka

  13. gilee stylusnya mahal banget ya. tapi sepertinya worth the price πŸ˜€

    Suka

  14. Jadi naksir Jotscript evernote .
    Lates price nya berapa ya ?

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Terpincut Situs Belanja Online Jakartanotebook | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: