My Journal

[Review] [App] Ainun, Menghias Foto versi Ramadhan

Contoh Apps Ainun

Contoh Apps Ainun

Sebagai seseorang yang hobi mobile photography, rasanya banyak aplikasi photo editing menarik di store yang bisa kita explorasi. Dulu sempat ngetrend instaplace dan instaweather, aplikasi untuk menambahkan informasi lokasi kita berada dan cuaca di lokasi tersebut pada foto yang kita ambil dengan typography yang menarik. Lalu di bulan Ramadhan ini, muncul aplikasi dengan membawa konsep yang serupa tapi dengan nuansa yang sesuai dengan tema bulan Ramadhan yang bernama Ainun.

Ainun merupakan aplikasi untuk menghias foto dengan berbagai informasi menarik seperti lokasi kita mengambil foto tersebut, cuaca, waktu, hingga memasukan berbagai ungkapan yang menunjukan rasa syukur atau pesan-pesan Islami. Yang membuat aplikasi Ainun ini standout adalah Typography yang sangat cantik. Ada beberapa paket Typography yang diberikan gratis, tapi ada juga versi berbayarnya. Ucapan-ucapan seperti Assalamualaikum, Subhanallah, dll tersedia untuk kita pakai sebagai kata penghias foto-foto kita. Kemudian selain itu, User Interface Aplikasi ini menurut Saya sangat well polished. Penggunaan warnanya sangat khas dengan Ramadhan, ikon-ikonnya sangat representatif, namun ada Β user experience yang mungkin tidak mudah dilakukan bagi pengguna yang baru menggunakan aplikasi ini seperti cara untuk mengubah kata-kata yang ingin dipakai (user harus menekan tombol bergambar kuas, lalu masuk menu kostumisasi). Saya pada awalnya kurang menyadari cara mengganti kata-kata tersebut, tapi begitu sudah tau, selanjutnya akan lebih mudah. Lalu ada fitur pendeteksi weather otomatis yang tidak realtime. Sepertinya diambil dari sebuah service untuk memprediksi cuaca. Saya tidak bisa mengganti tulisan cuaca tersebut walaupun cuacanya salah (misalkan cuaca cerah, tapi kata2 “thank god for this great TStorms Tuesday Noon” tidak bisa dihilangkan atau diganti manual).

Ngabuburit

Ngabuburit main CS

Lepas dari beberapa kekurangan minor tersebut, menurut saya Ainun adalah apps yang sangat tepat dengan momen Ramadhan. Bagi para pecinta instagram dan aplikasi sharing foto lainnya, tentu Ainun bisa menjadi pilihan yang menarik untuk menghias momen foto mereka dengan nuansa Islami. Untuk monetisasi, aplikasi ini gratis, tapi setelah beberapa kali digunakan untuk sharing ke social media lain, akan diminta membayar. Tapi kalau kita beli beberapa paket yang dijual secara inApps, kita tidak akan diminta untuk membayar lagi. Sayangnya, aplikasi ini baru tersedia untuk iOS. Kemaren banyak yang nanyain ke Saya versi Androidnya soalnya. Tapi berhubung bukan saya yang bikin, jadi ya ditunggu aja yah πŸ˜€

About Adam Ardisasmita (1232 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: