Iklan
My Journal

Mobile Apps untuk Pasangan

Saat ini banyak sekali Instant Messaging (IM) yang hadir di pasar seperti Line, Kakaotalk, eBuddy XMS, WhatsApp, dll. Setiap IM memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing (yang mungkin kapan-kapan saya bahas). Tapi klo buat saya pribadi, favorite saya masih Line karena banyak stiker yang lucu2 sehingga percakapan bisa lebih expresif 🙂 Nah kali ini saya ingin membahas sebuah IM yang khusus dikembangkan untuk pasangan. Setelah saya research-research kecil, ada tiga IM for couple yang cukup banyak penggunanya yakni Avocado, Couple (dulu namanya Pair), dan Between. Saya sudah download tiga-tiganya dan sudah mencobanya juga. Ini review dari saya.

Avocado

Avocado

Avocado. Namanya agak gak merepresentasikan appsnya yah, alpukat gitu. Tapi pas dicoba, ternyata cukup menarik. Ada empat fitur utama yang saya rasakan dari Avocado. Yang pertama adalah fitur chatting. Layoutnya mirip twitter, bentuknya seperti timeline. Lalu kita bisa semacam saling update status dengan pasangan. Di fitur chatting ini, tersedia fasilitas untuk mensubmit foto, emoticon pakai foto kita sendiri, quick note, dan yang paling menarik ada fitur hug atau kiss. Jadi kalau klik hug, kita semacam mengirimkan pelukan virtual gitu dan kalau kiss nanti ada stiker bibir gitu yang di foto pasangan. Fitur berikutnya adalah List. List memberikan kita fasilitas untuk membuat semacam “to-do list” yang harus dikerjakan bersama-sama. Fitur ketiga adalah album foto, kita bisa upload foto kita di sana sebagai album milik bersama. Untuk list dan foto, untuk versi gratisnya terbatas hanya beberapa list atau foto. Kalau mau upload yang banyak, harus beli versi premiumnya.

Couple

Couple

Selanjutnya couple. Couple setau saya adalah yang pertama membuat apps untuk pasangan. Dulu sekali namanya Pair (teman saya pernah pakai). Fitur di couple hampir mirip dengan avocado namun bentuk chat nya lebih bagus. Klo avocado kayak time line, klo ini kayak messaging biasa. Di Couple ada fitur list dan foto juga (klo yg foto nama fiturnya moment). Yang beda adalah Couple memiliki fitur untuk menggambar bersama, memberikan status “im thinking of you”, memberi tahu posisi kita dimana, dan yang paling lucu adalah thumbkiss. Thumbkiss itu adalah ketika kita meletakan jari kita di satu titik pada layar smartphone kita, di titik yang sama bayangan jari kita akan muncul pada layar pasangan kita. Lalu dia bisa meletakan jarinya di posisi yang sama seakan-akan jarinya bersentuhan secara langsung.

Between

Between

Yang terakhir dan yang akhirnya menjadi pilihan saya dan dea untuk kami gunakan adalah Between. Satu poin plus di banding yang lain, User Interfacenya lebih rapih dan terorganisir 🙂 Enak dilihat dan digunakannya. Lalu di fitur home, kita bisa naro klo kita berdua ada event atau schedule tertentu, bisa bikin countdown ke hari itu. Misalkan tanggal 14 Januari mau jalan-jalan ke Perancis, nanti bisa ada countdown ke hari itu. Lalu di Between juga ada fitur upload Foto atau moment (di Between namanya album). Tapi lagi-lagi dari segi UI dan UX between menunjukan perbedaan kelasnya dari sisi desain. Bisa dibuat peralbum, bisa dicomment, bisa dijadikan favorite event. Lebih seru deh. Lalu ada fitur memos (kalau di tempat yang lain ada list). Notes ini lebih bagus UInya, bisa dikomentarin juga, dan lain sebagainya. Lalu ini nih, yang paling menjual dan membuat saya menjatuhkan pilihan adalah fitur chatnya. Tak lain tak bukan, di fitur chat, ada stikernyaaaa 🙂 ada emoticon yang lucu, stiker yang lucu (dan bisa bergerak stikernya) hehehe. Jadi model monetisasi Between ini lebih enak, beli stiker. Saya pribadi adalah salah satu orang yg seneng beli stiker, jadi ya semoga Between bisa langgeng dan terus memberikan fitur-fitur yang oke 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: