Iklan
My Journal

Jakarta Banjir Besar

gambar diambil dari http://www.sorotnews.com

Rumah saya termasuk di daerah dataran yang lebih tinggi dari Jakarta dan tepat di depan rumah saya ada sungai ciliwung yang sangat dalam. Jakarta juga terkenal dengan banjir 5 tahunannya. Pada tahun 2007 yang lalu, sebelum Jakarta banjir besar, sungai ciliwung di depan rumah saya meluap. Beberapa hari yang lalu, saya perhatikan sungai ciliwung kembali meluap seperti yang terjadi 5 tahun yang lalu. Saya sempat khawatir apakah ini akan menyebabkan banjir besar di Jakarta dan ternyata hari ini kejadian. Bahkan, banjir ini lebih besar dari banjir pada tahun 2007 lalu. Bunderan HI yang selama ini tidak pernah terkena banjir pun menjadi “danau”. Kejadian ini sampai diliput di TV Internasional karena istana presiden terendam banjir ketika harus menerima kunjungan dari Presiden Argentina.

Saya agak bingung, melihat Jakarta yang tiap tahun banjir dan tiap lima tahun sekali banjir, kok malah ya jumlah mall, gedung kantor, dan apartemen terus meningkat. Daerah-daerah resapan dan ruang terbuka hijau perlahan-lahan dijadikan properti yang tiap weekend di iklankan di stasiun TV. Berarti emang pemerintah di Jakarta gak tertarik membuat Jakarta bebas dari banjir. Tapi saya kurang tahu kalau untuk saat ini bagaimana kondisi di pemerintah. Konon katanya ada Jakarta Baru di bawah pimpinan Jokowi dan Ahok. Saya mendengar ide-ide menarik untuk mengatasi banjir seperti deep tunnel dan aksi-aksi kongkrit seperti membangun waduk dan daerah resapan air. Tapi ya itu, pemimpin yang baik aja gak cukup kalau gak ada backup yang besar. Contoh nih, Jokowi jelas-jelas tidak mau adanya 6 ruas jalan tol baru yang malah akan menambah jumlah mobil pribadi di jalan. Tapi ternyata kekuatan politik beliau tidak cukup kuat untuk menghalangi keinginan dari “kekuatan yang lebih besar” membangun tol tersebut.

Mungkin dengan kejadian ini, pemerintah akan lebih terbuka matanya untuk benar-benar memindahkan ibu kota ke daerah lain. Kalau kemaren-kemaren tentu banyak di tentang oleh “orang besar”, tapi kalau sekarang orang-orang tersebut kantornya kebanjiran dan kemana-mana macet, mungkin (mungkin loh yah :p) akhirnya setuju untuk memindahkan ibu kota ke daerah lain. Hehe

Semoga Pak Jokowi dan Pak Ahok, anggota polisi dan TNI, serta seluruh warga jakarta bisa bahu-membahu untuk melewati bencana alam ini. Bagi sodara-sodara di Jakarta yang mengalami cobaan baik itu kerugian harta, terkena penyakit, atau tidak bisa beraktivitas, tetap kuat dan semangat. Semoga permasalahan ini bisa segera berakhir dan tidak terjadi lagi.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: