Iklan
My Journal

[Business Connect] Batista Harahap, CTO Urbanesia

gambar diambil dari twitter

Yak, ini adalah tulisan ketiga saya terkait dengan acara business connect (link di sini). Kemaren saya sudah menulis tentang pembicara pertama yakni Natali CTO Tiket.com (link di sini), sekarang saya ingin membahas pembicara kedua, Batista Harahap CTO Urbanesia. Urbanesia adalah situs yang memberikan informasi-informasi penting terkait dengan lokasi (point of interest). Coba dicek urbanesia.com klo penasaran seperti apa isinya. Mirip dengan Natali, Batista juga banyak sekali membahas hal-hal teknis terkait dengan bagaimana melakukan optimalisasi web yang ia kembangkan. Tapi saya mungkin tidak pada kapasitas untuk berbicara terkait dengan teknis, terutama masalah web, jadi saya sendiri tidak bisa bercerita banyak :p Ada beberapa poin yang menurut saya bisa saya sharing.

Pertama terkait dengan tools atau bahasa. Banyak sekali pertanyaan kepada beliau di sesi tanya jawab terkait bahasa apa yang digunakan, kenapa tidak menggunakan ini, kenapa tidak memakai tools itu, dll. Beliau menjawab, bahasa itu yang penting kita expert di sana. Lebih baik kita jago di satu bahasa tapi bener-bener jago parah, daripada bisa semua bahasa tapi standar-standar saja skillnya. Jadi bahasa itu pilihan masing-masing. Yang penting seberapa expert kita menguasai bahasa tersebut.

Lalu ada juga pertanyaan menarik dari perusahaan directory juga terkait dengan google partner. Dari orang yang duduk di sebelah saya, terhembus gosip bahwa ada data dari urbanesia yang dipakai oleh google (tanpa izin). Ada yang bertanya tentang bagaimana menjadi google partner. Batista menjawab, yang pertama jangan terlalu senang dulu kalau ada tawaran kerja sama dari perusahaan asing, apalagi perusahaan besar. Pelajari dulu baik-baik bentuk kerja samanya, kalau menguntungkan kedua belah pihak dan fair, baru ambil. Hati-hati sama data atau konten. Data atau konten itu sangat berharga dan merupakan bargaining kita. Jangan sembarangan memberikan data atau konten kepada pihak ketiga. Saya sedikit menyimpulkan, mungkin ini ada hubungannya terkait gosip yang terdengar di kuping kanan saya :p hehehe

 

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: