Iklan
My Journal

Membaca Pasar dan Memanfaatkan Event

Kalau kita memang serius ingin mendapatkan penghasilan yang super besar dari sebuah aplikasi mobile, kita tidak boleh luput dari yang namanya marketing. Banyak developer yang mengembangkan aplikasi tapi tidak memperhatikan unsur pemasarannya. Nah, salah satu tips untuk meningkatkan jumlah download dari apps kita adalah dengan membaca pasar atau memanfaatkan event tertentu. Mari kita sedikit menengok ke Rovio, dia melihat bahwa pengguna Facebook di Indonesia sangat tinggi, oleh karena itu mereka memutuskan untuk meluncurkan versi FB dari Angry Bird di Indonesia. Lalu Rovio juga sadar akan kejadian eventual yang menarik, misalkan event halloween, natal, taun baru china, dan lain-lain. Untuk itu hadirlah Angry Birds Season yang siap release ketika dirasa ada event menarik yang bisa dipadukan dengan update dari Angry Birds. Nah, gak hanya Rovio yang memanfaatkan eventual ini, developer2 lokal kita yang sukses juga banyak yang sudah mengamati pasar dan mengembangkan strategi pemasaran melalui event.

Hari ini bertepatan dengan hari valentine. Moment ini digunakan oleh developer lokal kita untuk memasarkan produknya. Aksara studio misalnya, mereka membuat themes khusus edisi valentine.

themes edisi valentine dari Aksara Studio

Lalu developer windows phone, radyalabs bekerja sama dengan NoLimit menciptakan aplikasi unik untuk Windows phone bertemakan valentine.

Aplikasi Spesial Valentine dari Radyalabs dan NoLimit

Selanjutnya, Dycode dengan produknya Movreak memanfaatkan moment valentine ini untuk mengadakan kuis.

Kuis Valentine edition dari Dycode

Hadiah bagi pemenang kuis Valentine dari Dycode

Lalu Arsanesia juga tidak kalah, memanfaatkan momen Valentine ini, mereka mengeluarkan produk berupa merchandise sebagai bagian dari pemasaran Game Temple Rush mereka berupa kaos couple bertemakan cinta budaya. Oh ya, yang tertarik untuk mendapatkan kaos ini masih bisa memesannya di sini atau di sini.

Kaos Cinta Budaya dari Arsanesia

Jadi banyak sekali sebenernya opsi yang bisa kita lakukan untuk memasarkan aplikasi kita memanfaatkan event atau kondisi di sekitar kita. Kita harus selalu membuka telinga kita untuk mendengar kejadian apa yang sedang tren saat ini dan bagaimana produk kita bisa mengambil manfaat dari tren tersebut. So, mari kita mulai membuka mata kita lebar-lebar dan memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk bisa memasarkan aplikasi kita 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: