My Journal

Mengetik Menggunakan Sepuluh Jari

Ceritanya belum lama ini saya membaca artikel yang menjelaskan kenapa di keyboard kita, huruf ‘F’ dan ‘J’ ada tonjolannya. Saya juga baru tahu, ternyata itu sebagai penanda letak jari telunjuk kita seharusnya berada.

Dari situ, dijelaskan juga metode mengetik menggunakan 10 jari yang benar dan efisien. Jujur, saya selama ini ngetik kayaknya kurang memanfaatkan ke-10 jari saya (biasanya sih 8, jari kelingking cuma untuk neken shift, ctrl, dll). Tanpa 10 jari pun, saya sudah merasa kecepatan ngetik saya cukup tinggi. Tapi memang sih kerasa cepet pegelnya.

fingers

Jadi jari telunjuk kiri ditaro di huruf F, yang kanan ditaro di huruf J. Jari sisanya diletakan di huruf sebelahnya. Jadi A jari kelingking, S jari manis, D jari tengah, dan F jari telunjuk. Yang tangan kana juga sama. Lalu perhatikan warna di atas, itu menunjukan area yang harus dipencet menggunakan jari tersebut. Nah kalau saya, jari kelingking jarang dipake di area merah. Seringnya tetep pakai jari manis. Hehehe

Dulu juga rasanya pernah diajarin pas SMP ngetik yang bener, tapi tentu gak dipraktekan dong :p Akhirnya saya iseng coba membiasakan diri ngetik menggunakan panduan itu, dan ternyata emang lebih nyaman. Saat ini sih kecepatannya lebih lambat dibandingkan saya biasanya karena masih belum biasa, masih sering typo juga. Tapi ternyata bisa bikin tangan lebih lama bisa ngetik dan emang lebih efisien. Hehehe.

Mulai sekarang saya sedang mencoba membiasakan nih, semoga bisa terbiasa biar bisa menulis makin semangat lagi. Entah menulis blog atau menulis kode 😀 Yang mau coba, ada juga loh game untuk melatih kecepatan menulis kita. Cek beberapa contohnya di sini atau di sini.

Kamu sendiri bagaimana kalau ngetik? Udah mengoptimalkan 10 jari atau belum? Atau jangan-jangan ngetiknya masih pakai satu jari :p Yang jelas pasti udah bisa ngetik tanpa liat keyboard kan?

About Adam Ardisasmita (1373 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on Mengetik Menggunakan Sepuluh Jari

  1. Saya ngetik cuma memanfaatkan beberapa jari saja.
    Padahal memanfaatkan 10 jari itu kecepatannya lebih josss..

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar