Iklan
My Journal

Heads Up Display di Mobil

Heads Up Display dari Navdy

Melihat kemajuan teknologi pencitraan di layar, mulai dari layar kaca hingga penggunaan projector, rasanya keberadaan Heads Up Display (HUD) di kaca mobil kita akan semakin mendekati kenyataan. Belum lagi ditambah berbagai sensor yang kini telah diterapkan di mobil-mobil mewah untuk membantu kita mengemudi, jika diintegrasikan dengan sistem HUD di layar kaca mobil pasti lebih keren lagi nih.

Bagi yang asing dengan istilah HUD, intinya adalah menampilkan informasi-informasi yang kita butuhkan di dalam layar sebagai support terhadap aktivitas kita tanpa mengganggu konten utama. Biasanya kalau di game-game itu seperti informasi terkait HP player, mini map, dan lain-lain. Kalau di mobil, biasanya ditampilkan di dashboard mobil secara fisik. Nah, kayaknya keren aja kalau mobil-mobil masa depan nanti layarnya sudah integrate dengan informasi dengan HUD yang juga disupport dengan sensor-sensor. Ini beberapa fitur yang saya bayangkan bakal keren kalau ada HUD di mobil.

  • Navigasi: Selama ini kalau kita pakai GPS untuk navigasi, kita harus masang alat tambahan yang ditempelin di kaca ato dashboard mobil. Atau kalau tidak ya kita mengandalkan perintah suara dari apps kita aja. Kalo dengan HUD ini, di layar bisa ditampilkan di jalan mana kita harus belok, kapan kita harus ambil jalur lambat, dan lain-lain. Bahkan mungkin juga dia bisa mengambil data trafic di depan kita dan memberikan alternatif jalan lain.
  • Alert: Dengan sensor yang mendeteksi pergerakan, kita bisa mendapatkan banyak notifikasi terhadap daerah sekeliling mobil yang di luar jangkauan pandangan kita. Misalkan, ada orang nyebrang, di layar akan memberikan tanda seru untuk membuat kita aware kalau ada orang menyebrang di jalan. Misalkan ada mobil ngerem mendadak, ada lobang di jalan, dan lain-lain, kita bisa segera dinotice melalui HUD itu agar bisa lebih waspada lagi.
  • Informasi: Jika ada telpon masuk, kita bisa tau itu dari siapa dengan mudah dan memutuskan untuk mengangkatnya atau tidak. Atau untuk kondisi di Jakarta yang macet, ketika mobil diam, layar akan menampilkan informasi seperti halaman berita, sosial media, dan lain-lain. Lalu ketika mobil di depan bergerak, layar tersebut kembali lagi ke mode driving. Jadi ketika macet kita bisa tetap produktif, gak bosen, dan bisa dapet informasi terkini, tapi juga gak akan ganggu klo lagi nyetir karena mode tersebut hanya akan muncul kalau mobil kita lagi diam.

Kira-kira inovasi apa lagi nih yang bisa ditambahkan kalau misalkan teknologi HUD di mobil ini sudah diimplementasi secara luas di pasar? Ini saya ada video yang membuat alat bernama Navdy, yang fungsinya memberikan HUD di mobil kita.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: