Iklan
My Journal

Pulang Ke BSD

Jalan tol baru, Lingkar Luar Barat

Setiap satu atau dua minggu sekali, saya dan istri pulang ke BSD dari Bandung. Biasanya sih suka ada acara keluarga, pernikahan, atau keperluan tertentu yang membuat kami harus pulang ke BSD. Namun meskipun tidak ada acara pun, kami tetap pulang untuk bersih-bersih rumah yang udah ditinggal berhari-hari biar gak numpuk debu.

Saat ini pulang ke BSD dari Bandung jauh lebih macet dan padat dari ketika saya masih kuliah di Bandung dulu. Titik macet parah ada di pasteur, sepanjang tol purbalenyi yang cuma dua lajur dan banyak truk juga padat, terus menjelang cikarang, dan sepanjang tol tersebut sampai bekasi barat pasti macet parah gara-gara banyak truk parkir di kiri jalan.

Walaupun begitu, kami berdua tetap memilih pulang dari hari Jumat dibandingkan Sabtu pagi yang lebih sepi. Hal ini dikarenakan suasana di rumah itu jauh lebih nyaman dibandingkan di kosan, jadi dua malam di rumah itu jauh lebih berharga dibandingkan harga macet-macetan yang harus kami bayar. Kalau lagi macet, bisa tuh Bandung-BSD 5 jam lebih. Apalagi semenjak ada lingkar luar barat yang baru, di JORR makin padat truk saja.

Sedikit tips bagi yang melakukan perjalanan Bandung-Jakarta, klo di gerbang tol cikarang utama, ambil yang antrian truk aja (kalau mobil kecil kan pada ambil gerbang yang di kanan). Soalnya nanti yang gerbang kanan itu bakal ada penyempitan jalur dari belasan gate tol ke hanya 2 lajur, lalu dari 2 lajur itu pun nanti harus motong ke jalan utama yang super macet dan padet. Kalau di antrian truk itu memang ujung2nya bakal mesra-mesraan dipepet truk, tapi jauh lebih cepet dibandingkan harus melewati penyempitan lajur dan motong jalur utama.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: