Iklan
My Journal

STEI Students Innovation Expo 2011

9 Mei 2011, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB mengadak ajang untuk mengapresiasi karya inovatif yang dibuat oleh mahasiswanya. Acara STEI Students Innovation Expo 2011 ini bertajuk “Dari Mimpi Berbuah Karya dan Prestasi Untuk Bangsa”. Pada expo kali ini, terdapat banyak sekali karya menarik yang ditampilkan oleh mahasiswa STEI. Ada Nitiki, sebuah teknologi permainan layar sentuh menggunakan layar lebar, robot pemadam kebakaran yang menjuarai kontes robot internasional, pesawat berbaling-baling 8 yang bisa digunakan sebagai alat pemantau, program edutainment VEDA yang bisa membantu sekolah-sekolah yang memiliki keterbatasan komputer untuk bisa melek teknologi, thousand hands revolution yang membuat sebuah alat untuk bermain saman dengan menarik, dan masih banyak lainnya.

Kebetulan karya saya juga dipilih untuk mengisi stand expo dan maju sebagai pembicara. Saya menampilkan karya yang bernama Gamelan Player. Gamelan player adalah sebuah aplikasi untuk mobile yang memberikan keindahan budaya Indonesia dalam genggaman tangan. Untuk melihat informasi lebih jelas lagi tentang karya-karya yang sudah dibuat, bisa kunjungi (http://ardcompany.wordpress.com).

Acara seperti ini menurut saya merupakan sebuah acara yang sangat positif. Efek dari acara penghargaan seperti ini sangat banyak. Bagi mahasiswa, acara seperti ini bisa menambah semangat mereka untuk berkarya dan bisa membuat karya mereka dihargai. Selain itu, dari acara ini mahasiswa bisa bertemu dengan berbagai pihak yang mungkin bisa membantu pengembangan lebih lanjut tentang karya mereka agar bisa masuk ke pasar. Kemudian manfaat lainnya adalah ajang seperti ini bisa memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melihat inovasi terbaru dari mahasiswa ITB dan juga bisa menimbulkan rasa bangga terhadap prestasi anak bangsa yang sudah demikian banyak ditorehkan.

Harapan saya acara seperti ini bisa berlangsung secara konsisten dan bisa merangkul lebih banyak lagi karya dan inovasi mahasiswa yang selama ini hanya terpendam di perpustakaan, di dalam tas mereka, atau hanya disimpan di dalam flashdisk mereka. Inovasi tersebut merupakan potensi yang sangat besar, namun kadang mahasiswa tidak sadar potensi tersebut di dunia industri atau untuk kemajuan bangsa. Oleh karena itu, ajang seperti ini sangat penting untuk memanfaatkan potensi yang ada agar bisa memberikan efek positif bagi kemajuan bangsa.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: