Iklan
My Journal

The Super Obama

Baru saja Presiden Amerika yang ke-44 dilantik. 20 Januari 2009 Barack Obama dinobatkan menjadi Presiden Amerika Serikat yang baru. Proses pelantikannya berjalan luar biasa meriah. Banyak sekali pengunjung yang menghadiri acara tersebut. Tidak hanya di Amerika, tapi di negara-negara lain pun terjadi animo yang luar biasa heboh. Indonesia salah satunya. Banyak sekali simpatisan yang menunggu momen-momen dilantiknya Barack Obama menjadi presiden. Bahkan sampai mengadakan nonton bareng, mencat mukanya seperti suporter sepak bola, bersorak-sorai, dan berpesta-ria. Nampaknya Barack Obama telah menghipnotis jutaan orang di seluruh dunia. Kharisma kepemimpinannya telah meluluhkan hati sekian banyak penghuni bumi. Ada apa dengan Obama?

Momen pidato Obama merupakan momen yang paling dinanti-nantikan. Semenjak kampanya, presiden pertama berkulit hitam di Amerika  ini menggembor-gemborkan isu seputar pelanggaran Hak Asasi Manusia. Contohnya seperti Penjara Guantanamo yang akan ditutup, penarikan mundur pasukan Amerika di Iraq, penyelesaian masalah di Afganisthan, dan lain-lain. Obama seolah memberi cahaya cerah bagi kedamaian di dunia. Dengan mengepalai sebuah negara adidaya, masyarakat berharap Obama dapat menggunakan kekuatannya di jalan yang benar. Pidato pada saat pelantikan itulah yang akan menjadi statement penentu kebijakan Amerika ke depannya. Yang akan menggambarkan bagaimana Amerika ke depannya nanti akan bergerak. Dan terbukti, di pidatonya, topik-topik yang dahulu dia pernah janjikan ia angkat kembali. Namun ada satu topik yang tidak terangkat. Pertikaian Israel dengan Palestina. Padahal itu merupakan isu yang sangat panas sekali. Banyak terjadi pelanggaran HAM di sana. Mengapa topik tersebut tidak diangkat?

Mari kita lihat apakah ekspetasi masyarakat benar-benar terwujud? Apakah Obama benar-benar bisa mengembalikan kedamaian di muka bumi? Ataukah itu semua hanya harapan semu semata?

(gambar dari http://www.giuseppeveltri.it/blog/?p=748)

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: