My Journal

Live Stream Webinar Jadi Mudah Menggunakan Platform Streamyard

Sebelum masa pandemi ini, hampir tiap bulan saya mengisi seminar atau konferensi di berbagai kota di Indonesia. Mostly bareng dengan programnya Bekraf yakni Bekraf Developer Day. Nah ketika pandemi gini, agak sedih sebenernya gak bisa berbagi ilmu kepada teman-teman yang mungkin kotanya jarang ada acara seminar atau conference. Kebanyakan acara diadakan di Jakarta atau kota-kota besar sehingga terjadi ketimpangan dari sisi opportunity. Nah dengan masa covid ini, masyarakat semakin terbiasa dengan konten-konten yang disajikan online. Bagi saya, ini adalah peluang yang sangat baik untuk bisa tetap berbagi ilmu walaupun sedang kondisi tidak bisa keluar rumah.

Untuk bisa mengadakan webinar, kita butuh sofware yang enak dan mudah dipakai. Dulu saya cuma tahu pakai fitur Google Hangout yang dikoneksikan ke Youtube untuk bikin Youtube live. Lalu dengan semakin banyaknya kebutuhan akan online seminar ini, saya semakin terpapar dengan banyak software lainnya yang memiliki kemampuan lebih canggih. Selama ini yang banyak digunakan oleh orang-orang adalah webinars menggunakan Zoom. Ini merupakan platform yang menurut saya cukup menarik digunakan dan easy to use. Tapi karena Zoom dibuat bukan dengan mindset webinar inmind, tentu ada keterbatasannya. Lalu suatu ketika, saya diundang untuk mengisi sharing session yang diadakan Baparekraf. Di situlah saya pertama kali mengenal Streamyard.

Waktu menjadi pembicara, saya melihat ada beberapa fitur menarik di Streamyard. Yang pertama fleksibiltas untuk menampilkan layout. Kita bisa set siapa pembicara yang muncul di layar dan siapa yang di backstage. Pembicara yang di backstage muka dan suaranya tidak akan muncul di stream sehingga cocok klo lagi sesi presentasi bergantian. lalu ketika presentasi, kita bisa mengatur layout mau lebih besar presenter atau slide nya. Ini bagus banget untuk menjaga fokus audience agar bisa lebih memperhatikan pembicara atau slide nya. Pilihan-pilihan layout yang variatif dan mudah diatur ini membuat Streamyard menarik.

Lalu yang menarik lainnya adalah easy to use. Buat host maupun buat narsum, gampang banget pakainya. Learning curve nya kecil banget. Beda dengan zoom yang agak beribet, ini pembicara tinggal klik link, langsung online, gak perlu daftar-daftar atau login-login. Buat host juga jadi mudah invite-nya, bisa brief langsung di room ke para speaker sebelum online, dan lain-lain.

Fitur share screen tentu ada, tapi karen Streamyard ini web based, tentu ada batasannya. Dan batasannya menurut saya masih oke kok. Yang agak menantang dari streamyard adalah share video beserta audio-nya. Klo di zoom, tinggal klik masukin audio dari komputer beres. Kalau Streamyard, audio yang bisa keluar hanya yang berasal dari browser chrome. Jadi klo kamu mau share video, pastiin source nya dari google slides, atau youtube, atau apapun yang bisa diplay oleh Google Chrome.

Satu lagi fitur yang menurut saya pamungkas adalah comment managementnya. Di Streamyard, kita bisa broadcast stimultan ke Facebook dan Youtube. Lalu semua komentar dan pertanyaan yang masuk di semua platform, bakal jadi satu di dashboard host nya. Dan ketika sesi tanya jawab, kita bisa menampilkan pertanyaannya di layar agar audience dan narasumbernya bisa langsung baca dan jawab. Fitur ini kecil, tapi tentu akan membuat engagement dengan audience jadi lebih smooth.

Streamyard ini berbayar, tapi tidak terlalu mahal. Harganya mulai dari 20 USD perbulan. Kalau masih merasa itu malah, ada versi gratisnya juga kok tapi ada limitasi jumlah channel yang bisa distream dalam satu waktu yang sama, jumlah narasumber, dan ada kuota streaming perbulannya. Tapi bener deh, worth it banget pakai streamyard kalau kamu mau coba streaming. Saya pun awalnya inisiasi ini ke Asosiasi Game Indonesia dengan acara Skill Tree dan sukses banget jadi acara ruti tiap minggu di channel AGI. Sekarang saya lagi mau insiasi ini ke Ikatan Alumni Insan Cendekia untuk jadi kegiatan “Kabar Alumni” dan semoga bisa sukses juga. Buat kamu yang nanti mau subsrcibe, pakai link referral dari saya yang untuk dapet diskon 10 USD.

Selamat mencoba streaming online dan semoga bisa menjadi jendela untuk menebar ilmu dan inspirasi yah 🙂

About Adam Ardisasmita (1206 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on Live Stream Webinar Jadi Mudah Menggunakan Platform Streamyard

  1. Azzam Jihad Ulhaq // 26/05/2020 pukul 12:37 pm // Balas

    dari kemarin penasaran pas kabar alumni kok bisa bagus ya nampilin pembicaranya. ternyata ada jawabannya di sini hahaha. makasih banyak kak.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: