Iklan
My Journal

Active Noice Cancellation Headphone Terbaik Saat Ini, Bose QC 35 atau Sony WH-1000XM3?

Kali ini saya mau ngebahas sebuah gadget yang cukup menarik yakni Active Noice Cancellation Headphone (ANC). Kalau sebelumnya saya ngebahas tentang wireless headphone, kali ini kita ngebahas yang lebih spesifik lagi fiturnya karena kegunaannya tentu berbeda. Kalau sebelumnya saya memilih untuk menggunakan Samsung Gear Icon X 2018 karena portability-nya sehingga mudah dibawa-bawa dan dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, klo sekarang kita ngebahas headphone bluetooth yang penggunaannya untuk waktu lama dan berada di tempat yang bising.

baca juga : Mencari Wireless Bluetooth Earphone

Headphone dengan ANC ini sangat cocok digunakan jika kamu sering traveling entah itu naik pesawat atau kereta, sering kerja di cafe yang tempatnya cukup ribut, atau kerja di co-working space yang diisi oleh banyak orang. Fitur ANC ini secara aktif menggunakan microphone untuk menangkap suara yang ada di luar lalu meredam suara tersebut menggunakan proses digital sehingga suara tersebut tidak akan masuk ke telinga. Hal ini membuat kita bisa lebih bisa konsentrasi dan fokus bekerja atau beristirahat tanpa terganggu oleh kebisingan yang ada di luar.

Semenjak tahun 2016, berbagai situs review dan tech enthusiast menjatuhkan pilihannya sebagai ANC terbaik kepada Bose QC 35. Tapi baru saja Sony mengeluarkan Sony WH-1000XM3 yang langsung mengalahkan Bose sebagai raja headphone ANC. Kira-kira apa sih perbedaan serta kekurangan kelebihan dari masing-masing headphone? Berikut saya coba bahas satu-persatu yah.

Bose QC 35

Bose QC 35 merupakan perbaruan dari Bose QC 25. Bose QC 25 sendiri pun sudah dicintai banyak orang sebagai ahlinya di bidang ANC. Jadi Bose memang bukan pemain baru di bidang ANC dan mampu mendesain headphone dengan fitur ANC yang mumpuni. Selain fitur tersebut, yang membuat orang-orang jatuh hati dengan Bose adalah sisi kenyamanan. Ear cup dari Headset Bose QC 35 sangat dalam dan terbuat dari bahan yang nyaman sehingga menggunakan Bose QC 35 untuk penerbangan jarak jauh berjam-jam tidak akan membuat telinga panas. Dari sisi kualitas suara, Bose QC 35 memiliki profile suara yang sangat clear, jadi kamu bisa mendengar berbagai elemen dan layer dari audio yang kamu nikmati.

Bisa dibilang headphone ini hampir tidak memiliki kekurangan, yang ada adalah fitur yang cukup obsolet karena headphone ini keluar di tahun 2016. Tapi mereka memperbarui seri QC 35 ini dengan QC 35 ii yang memiliki fitur Voice Assistant seperti Alexa atau Google Assistant. Jadi hampir bisa dibilang tidak ada yang kurang lah dari headphone ini. Apalagi ada fitur-fitur tambahan seperti bisa konek ke dua device sekaligus dan kualitas mic untuk telpon yang baik. Lalu apa yang membuat Sony bisa mengungguli Bose?

baca juga : [Review] Satu Tahun Menggunakan Earphone Bluetooth Samsung Gear Icon X 2018

Sony WH-1000XM3

Sony WH-1000XM3 baru saja dirilis dan seluruh reviewer dan youtuber langsung menobatkan Sony WH-1000XM3 sebagai ANC headphone terbaik. Mengapa begitu? Karena dari sisi fitur ANC, Sony mampu menghasilkan peredaman suara yang lebih baik dari Bose QC35 (walaupun menurut saya tidak terlalu beda jauh juga sih). Kemudian daya tahan batre Sony lebih tahan lama yakni 30 jam (Bose QC35 daya tahannya 20 jam). Ada fitur fast charghing dimana 10 menit charge mampu untuk membuat headphone bertahan 5 jam. Sony sudah menggunakan fitur USB C untuk charging, jadi buat pengguna smartphone era 2018 ini tidak perlu bawa dua kabel untuk ngecharge lagi. Voice Assistan juga sudah dimiliki oleh Sony WH-1000XM3. Dan yang membuat saya lebih suka Sony WH-1000XM3 adalah profile suaranya yang lebih nge-bass. Klo Bose QC 35 lebih clear, sony ini lebih pas buat orang yang suka dengerin lagu dengan bass yang kuat.

Tapi Sony WH-1000XM3 juga bukan device yang sempurna. Dari sisi kenyamanan, Bose QC 35 lebih nyaman digunakan karena earcup nya lebih dalam. Lalu Sony WH-1000XM3 hanya bisa koneksi ke satu device saja sehingga cukup menyulitkan buat yang menggunakan perangkat ini untuk kerja di laptop dan juga standby di handphone nya. Dan kalau buat saya, deal breaker dari Sony WH-1000XM3 adalah kualitas mic nya yang jelek. Saya sendiri belum pernah mengujinya, tapi cukup banyak reviewer yang komplain karena fitur tersebut. Padahal, saya sering menggunakan headphone untuk video call. Tapi ini sepertinya hanya masalah software sih, semoga dengan update, bisa lebih baik kualitas mic nya yah.

Kesimpulan

Bose QC35 cocok buat kamu yang butuh konek ke lebih dari 1 device, suka profile suara yang clear, dan butuh kualitas mic yang oke untuk telepon. Sedangkan Sony WH-1000XM3 cocok buat kamu yang suka profile suara bass, butuh daya tahan baterai yang lebih lama, dan butuh fitur ANC yang paling kedap saat ini. Harga keduanya sama-sama USD 350 klo di US, tapi kalau di Indonesia Bose QC-35 ii di harga 7,5-8jt-an sedangkan Sony WH-1000XM3 di harga 6jt.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1143 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Trackback / Pingback

  1. Antara iPad Pro, Surface Go, dan Samsung Galaxy Tab S4, Siapa Jawara Pengganti Laptop? – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: