Iklan
My Journal

[Supercoolkids] Mulai Mengenalkan Metode Makan Baby Led Weaning

Di usia menjelang enam bulan ini, Jenna sudah mulai ke fase makan selain dari ASI. Untuk metode makan, saya dan Dea mencoba menggunakan metode Baby Led Weaning (BLW). Jadi dengan metode ini, anak-anak dibiarkan untuk makan berbagai makanan tanpa bantuan orang lain.

Saya pertama mengenal metode ini dari teman saya yang sudah beranak dua. Masalah terbesar yang sering dialami oleh orang tua adalah anak yang susah makan. Dengan mengajarkan metode ini semenjak usia 6 bulan, anak-anaknya teman saya ini kalau makan lahap dan gak pilih-pilih.

baca juga : [Supercoolkids] Memberikan Kasih Sayang Yang Bertanggung Jawab

Dengan metode BLW juga, orang tua tidak perlu pusing untuk membuat bubur, puree, pakai food processor, baby rice, kombinasi buah dan sayur yang aneh, dan sebagainya. Kita cukup memberikan makanan seukuran jari yang bisa digenggam dan dimasukan ke mulut, maka kalau anak kita suka akan dimakan kalau enggak ya enggak. Metode ini juga memberikan esensi bahwa makan itu adalah kebutuhan dan harusnya menyenangkan, bukan yang sambil dipaksa makan, disuapin sambil diajak muter-muter, atau kejar-kejaran.

Jalan-jalan ke mall, bisa sama-sama makan dengan nyaman

Jalan-jalan ke mall, bisa sama-sama makan dengan nyaman

Sebenernya salah satu syarat BLW ini adalah si anak udah bisa duduk tegak sendiri. Soalnya anak harus berada di kursi sendiri dengan mejanya sendiri dan mengambil makannya sendiri. Berhubung Jenna belum bisa berdiri tegak di awal, jadi kita coba kenalin pelan-pelan aja dengan konsep menggenggam makanan, rasa makanan, dan lain-lain. Dan di masa trial ini, ternyata Jenna bisa tuh menggenggam makanan dan mengarahkannya ke mulut.

Di awal, Jenna baru ngisep-ngisep aja kayak kalau semangka kan ada airnya tuh. Lama-lama mulai belajar motek potongan makanan pakai gusinya. Kadang potekannya agak gede, secara otomatis Jenna bakal ngelepehin itu kalau ukurannya kegedean. Kalau ukurannya kecil, Jenna udah bisa menghaluskan dan menelan sendiri. Ini merupakan konsep dasar yang secara natural Jenna bisa belajar mengembangkan kemampuan oral motor skill-nya dan hand-eye coordination.

Brokoli pun dimakan

Brokoli pun dimakan

Melatih hand eye coordination

Melatih hand eye coordination

Tapi ada makanan yang Jenna belum suka juga

Tapi ada makanan yang Jenna belum suka juga

Dengan diajarkan untuk makan sendiri, makan apa yang ada di depannya, dan memberikan berbagai jenis makanan, Jenna mendapatkan experience tentang makanan yang sesungguhnya. Untuk mempersiapkan Jenna BLW ini pun kita sampai beli buku tentang BLW, buku ide resep BLW, dan yang terpenting high chair untuk Jenna bisa duduk sendiri. Nanti saya akan coba update-update lagi perkembangan Jenna ketika sudah menjalankan BLW ini yah 🙂

Buku tentang BLW

Buku tentang BLW

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

3 Comments on [Supercoolkids] Mulai Mengenalkan Metode Makan Baby Led Weaning

  1. Kak, kalau boleh tanya, metode untuk mencegah tersedak dalam BLW gimana kak? Kayak ada argumen orang tua yang ngasih bubur/puree/dsb itu salah satu tujuannya supaya anak kecilnya ndak tersedak (resiko terberat tersedak bisa meninggal pula) (bukan paranoid, tapi alasan ortu kayak gitu, even sampe SD gue ndak boleh makan bakso bulet langsung masuk mulut, harus potong dulu).

    Semoga dijawab, thanks kak! 🙂

    Suka

    • Duduknya harus udah bisa tegak dan tanpa support dulu. Kalau duduk tegak, bakal mengurangi resiko tersedak.
      Makanannya dibuat fingerfood size, sehingga bisa mudah dipegang dan digigit (atau diemut) sama anak.
      Bertahap memberikan model makanannya dari yang hanya diemut, mudah telan, hingga yang perlu dikunyah, sehingga anak bisa mengenal konsep mengunyah dan menelan.

      Lebih lengkapnya ada di buku itu 🙂

      Suka

  2. Bukunya dijual ga? boleh saya beli? saya kehabisan, dimana2 udh ga ada stock.
    itu dulu belinya dimana?

    Suka

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. [Supercoolkids] Bermain Di Kidspace Pondok Indah – Ardisaz
  2. [Supercoolkids] Suka Duka dan Tips BLW – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: