My Journal

[Supercoolkids] Orang Tua Juga Belajar

Seiring tumbuh kembang Jenna, sebagai orang tua, saya melihat banyak sekali hal baru yang dipelajari oleh Jenna. Mulai dari bisa berinteraksi, bisa tersenyum, bisa menggenggam, bisa anteng di car seat, bisa tidur malam sendiri, dan lain-lain. Tapi ternyata proses mendidik anak ini juga mengharuskan orang tua untuk terus belajar dan mengerti anak.

Contoh simpelnya adalah kasus minum dari botol sendok (soft cup feeder). Cukup lama saya coba mengajarkan Jenna untuk bisa minum dari botol sendok. Awal-awal hanya masuk 20ml, rewel, dan sebagainya. Perlahan-lahan, bisa masuk 70-80ml sekali minum, tapi masih rewel. Asumsi saya yaudah emang Jenna bakal terus rewel klo pakai botol sendok, mungkin kalau pakai dot harusnya gak rewel. Berharap lambat laun Jenna bakal terbiasa pakai botol sendok gak rewel dan bisa masuk banyak.

baca juga : [Supercoolkids] Minum Pakai Soft Cup Feeder

Soalnya sedih juga kalau pas mamanya kerja, Jenna siang cuma minum sedikit. Alhasil berat badannya tidak begitu banyak naiknya. Kalau minum sedikit ini juga ngaruh ke jam tidur siang yang sebentar, suka males diajak main dan belajar (lemes kali ya gak kenyang), dan semakin malem semakin rewel (klo mamanya lagi pulang agak malem) karena emang seharian gak makan banyak.

Ternyata di sini saya juga harus belajar. Mungkin bukan Jennanya yang belum terbiasa, tapi metode yang saya gunakan untuk memberikan Jenna makan salah. Jennanya yang udah bisa, tapi sayanya yang kurang tepat cara menggunakan botol sendoknya. Alhasil saya coba cari cara lain dan akhirnya berhasil. Jika selama ini saya keluarkan susunya sedikit-sediki ke dalam ujung sendoknya, ternyata Jenna lebih suka kalau ujung sendoknya itu full, penuh. Terus dia langsung teguk segitu dan langsung pengen ujung sendoknya udah full lagi untuk dia teguk. Biasanya kalau ngasih minum perlu beberapa kali ronde istirahat dulu, memakan waktu setengah sampai satu jam, dan selalu nyisa minumnya. Dengan metode yang Jenna suka ini, sekali minum langsung banyak, cepet minumnya (gak sampai lima menit), dan gak ada sisa sama sekali :’) Terharu!

baca juga : [Supercoolkids] Milestone Dua Bulan

Ini baru dari satu case saja, tapi intisarinya adalah orang tua juga harus belajar. Kalau ada sesuatu dengan anak kita, mungkin saja cara kita yang salah dan kurang cocok dengan tipikal anak. Tugas orang tua lah untuk mencari tau metode terbaik untuk anaknya 🙂

*saya tampilkan juga vlog yang ada isinya momen ketika Jenna masih belajar pake botol sendok 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: