Iklan
My Journal

[Supercoolkids] Cara Mengajarkan Bayi Tidur Malam

Di tulisan tentang milestone 2 bulan Jenna, saya sempat mention kalau Jenna sudah pintar tidur di malam hari. Ada beberapa pembaca yang menanyakan bagaimana cara mengajarkan Jenna agar bisa tidur malam. Tips ini saya kumpulkan dari beberapa sumber dan saya praktikan yang cocok dengan Jenna. Yang perlu diperhatikan adalah tiap anak itu unik. Jadi belum tentu yang saya terapkan akan efektif ke anak denga karakter yang lain.

Yang pertama adalah buat ritual. Ritual ini bertujuan untuk mengajarkan kepada anak bedanya waktu siang dan bedanya waktu malam. Jadi ada hal-hal yang memang kita lakukan di siang hari dan ada sebuah aktivitas khusus yang kita lakukan hanya di malam hari. Hal ini diperlukan karena usia new born, penglihatan bayi belum tumbuh sempurna sehingga belum bisa menentukan mana siang dan mana malam.

Yang kedua adalah ajarkan untuk tidur sendiri. Ini merupakan kesalahan yang sempat saya lakukan dulu di seminggu-dua minggu awal. Ketika Jenna nangis (entah di malam atau siang hari), reflek saya adalah menggendongnya. Kalau abis kenyang nyusu juga biasa diburping dulu sambil saya gendong, sampai terlelap. Nah yang saya sadari belakangan kurang tepat untuk Jenna adalah membiasakan bahwa untuk tidur itu harus digendong dulu. Alhasil tiap Jenna kebangun, harus digendong dulu. Setelah menyadari hal ini, saya lalu mulai mengajarkan Jenna untuk bisa tidur sendiri. Artinya dalam posisi di kasur masih bangun, lalu tertidur tanpa perlu digendong.

baca juga : [Supercoolkids] Milestone Dua Bulan

Melatih ini awalnya sangat beratttt sekali. Jenna udah kebiasa digendong kan. Jadi ketika gak digendong, nangisnya ampun-ampunan. Pertama yang saya coba adalah timang2 dulu sampai agak ngantuk, baru ditaro sebelum terlelap. Lalu kalau masih nangis, saya coba gerak-gerakan kakinya atau tepuk-tepuk pantatnya. Ditengkurepin juga lumayan membantu Jenna tidur di awal-awal. Oh ya, sama untuk membuat rileks, saya putarkan white noise di dekat Jenna. Bagi yang belum tahu, white noise adalah suara statik. Suara ini katanya mensimulasikan kondisi di dalam kandungan ibu sehingga bayi merasa rileks. White noise ini ada apps androidnya kok, silahkan download.

Yang ketiga melakukan aktivitas yang sama dan konsisten setiap mau tidur. Jadi setiap jam setengah 9 malam, ritual Jenna adalah ganti popok, nyusu, lalu lampu dimatikan, dan Jenna ditaro di kasurnya sendiri. Ritual ini terus diulang tiap hari. Awal-awalnya sih ketika ditaro di box bayi, Jenna masih bunyi-bunyi (gak sampai nangis sih). Kadang abis lama bunyi-bunyi gini jadi nangis, tapi kadang-kadang ketiduran lagi. Nah ini yang berusaha untuk dijaga konsistensinya sampai tiap abis nyusu, lampu dimatikan, dia gak pake bunyi-bunyi lagi bisa anteng di kasur dan tertidur sendiri.

baca juga : [Supercoolkids] Menjaga Jenna

Yang keempat adalah perbanyak kegiatan di siang hari. Ini bertujuan untuk menguras energi Jenna dan membuat Jenna untuk tidak terlalu banyak tidur di siang hari. Dengan energi yang terpakai untuk beraktivitas sepanjang hari, di malam hari proses menidurkan Jenna akan lebih mudah. Tidak hanya mudah, durasinya pun panjang. Kalau malam, Jenna bisa tidur dari jam 20.30 sampai jam 04.00 pagi, untuk nyusu dan ganti popok, lalu tidur lagi. Kalau gak dibangunin, bisa sampai jam 10 pagi -_- Malah sekarang jadi kebo kayak papanya :p Tapi biasanya sih jam 7-8 pagi tetep dibangunin untuk mandi :p

Paling itu empat tips dari saya. Yang perlu digaris bawahi adalah hal ini harus terus menerus dilakukan konsisten. Dan yang digaris bawahi dan juga dikasih bold dan italic adalah tiap anak beda-beda. Apa yang saya terapkan ke Jenna belum tentu efektif ke bayi yang lain. Bisa saja malah lebih efektif kalau yang dilakukan adalah negasi yang saya tulis di atas. Who knows. Yang penting peran orang tua harus bisa melihat karakter anak dan harus bisa tega (dalam kadarnya dan batas wajar) demi kepentingan anak ke depan.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: