My Journal

[Supercoolkids] Menjaga Jenna

Jenna sudah berusia dua bulan lewat, artinya adalah jatah cuti Mamanya Jenna sudah habis :p Cuti hamil yang dimanfaatkan Dea kemarin kurang lebih 4 bulan lamanya, cuti hamil + cuti tahunan yang sudah diambil dari sebelum lahiran. Dengan begitu, mulai Senin minggu lalu Dea sudah mulai berkantor lagi. Sehari-hari kantornya sih di BSD juga, tapi sesekali Dea harus ketemu client di Jakarta karena kerjanya merupakan konsultan IT.

Artinya lagi, Jenna sudah tidak 24 jam bersama Mamanya. Untuk jaga Jenna, kami memutuskan untuk tidak menggunakan baby sitter karena sulit mencari orang yang bisa mendidik anak seperti yang kami inginkan. Kalau Dea lagi ngantor gimana? Untungnya saat ini pekerjaan yang saya pegang masih memungkinkan saya untuk kerja remote. Saya seminggu sekali ke Bandung dan sesekali ke Jakarta kalau ada meeting (Jenna biasanya dijagain sama eyangnya klo saya lagi gak bisa jaga), sisanya saya bisa mengerjakannya di rumah.

Nah itu pun jugling antara jaga Jenna dengan kerja juga gak mudah :p Kalau lagi asyik2 ngetik di depan laptop, tiba-tiba ada suara-suara memanggil, harus langsung stop kerja dan ngedatengin kasurnya Jenna. Kalau tidurnya udah agak lama, berarti ganti diapers, kasih minum, dan ajak main kalau belum ngantuk. Tapi gak bisa lama-lama juga ngajak mainnya karena biasanya harus balik kerja lagi :p Kadang saya taro aja laptop saya di dekat Jenna, jadi sambil main sama Jenna sambil ketik-ketik.

Situasi ketika menjaga Jenna sambil kerja :p

Situasi ketika menjaga Jenna sambil kerja :p

Di antara semua task untuk ngejaga Jenna, yang paling menantang adalah proses ngasih minum Jenna. Maklum, biasa minum langsung dari mamanya, sekarang harus minum pake botol. Itu pun gak model dot, tapi model soft cup feeder. Artinya, Jenna harus effort lebih untuk bisa minum. Setelah training panjang, Alhamdulilllahnya Jenna udah bisa minum dari soft cup feeder walaupun gak bisa lama-lama karena mungkin dia bosen ato capek minumnya sebelum kenyang banget. Ngakalinnya jadinya mending minum dikit-dikit tapi sering. Oh yah, hari terberat biasanya hari Senin. Jenna biasanya jetlag abis Sabtu Minggu full 24 jam minum sama mamanya, pas Senin suka agak jetlag klo minum dari botol sendok :p Tapi udah selasa, rabu, kamis, sih santai.

Minum dari soft cup feeder (botol sendok lunak)

Minum dari soft cup feeder (botol sendok lunak)

Gimanapun juga, kerja sambil jaga Jenna tentu gak mudah yah. Makanya kerjaan berat biasanya saya lakukan pas Dea sudah pulang kerja, pas siang saya kerjain yang ringan-ringan dan tidak butuh fokus banyak. Jadi jam 2-3 pagi biasanya baru saya tidur. Pagi saya masih istirahat, Jenna sama mamanya (Dea biasanya ke kantor agak siang). Abis Dea ke kantor, baru gantian yang jagain. Abis itu pas Dea udah pulang, langsung gantian lagi :p Hehehe

baca juga : [Supercoolkids] Minum Pakai Soft Cup Feeder

Yah begitulah serunya mencoba mengatasi kondisi yang mungkin tiap orang berbeda-beda. Memang tidak ideal, tapi kita coba berikan yang terbaik yang kita bisa sebagai orang tua dengan berbagai keterbatasan yang kita miliki. Itu sebabnya juga mengapa saya tidak pernah mau men-judge kalau ada orang tua yang mungkin memiliki metode yang berbeda dalam mengasuh anaknya, selama hal yang mereka lakukan bertanggung jawab dan masih dalam batas wajar. Karena di balik sebuah pilihan dan keputusan yang diambil oleh tiap keluarga, pasti ada alasan dan kondisi yang kita tidak tahu. Entah itu mau bapak-ibunya sama2 kerja atau bapak-ibunya sama2 di rumah, yang penting kita tetap bisa menentukan prioritas utama kita dan memberikan yang terbaik bagi anak 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on [Supercoolkids] Menjaga Jenna

  1. Berbahagialah bisa mengasuh anak sambil kerja.

    Suka

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. [Supercoolkids] Cara Mengajarkan Bayi Tidur Malam – Ardisaz
  2. [Supercoolkids] Mulai Berinteraksi Dengan Orang Lain – Ardisaz
  3. Adaptasi dan Daya Tahan – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: