Iklan
My Journal

[Supercoolkids] Minum Pakai Soft Cup Feeder

Halo para pembaca setia. Haduh, ini kayaknya fansnya Jenna banyak yah. Saya ditagih mulu tulisan tentang Jenna -_- Hahaha oke deh kalau gitu, ini saya post lagi tulisan Supercoolkidsnya yah. Besok-besok saya coba persering lagi deh tulisan supercoolkids tentang Jenna supaya gak pada nyariin 😀

Hari ini saya ingin cerita tentang Jenna yang semangat minumnya sangat tinggi. Seperti tulisan saya sebelumnya, Jenna lagi fase bangun setiap 2-3 jam sekali. Tiap bangun, Jenna pasti pengennya minum susu. Mau itu bangun karena ganti popok, ujung2nya dia mau minum juga buat pengantar tidur.

Kalau begini, tentu yang paling capek adalah Dea dong. Karena dia harus nyusuin Jenna tiap 2-3 jam sekali. Nah sebenernya ada opsi yang bisa bikin Dea sedikit berkurang capeknya yakni minum pakai ASI perahan. Jadi emang dea itu dari awal sampai hari ini rajin nyetok ASI perah buat nanti kalau Dea udah selesai cuti hamilnya. Kalau emang capek, ASI perah ini bisa aja ditaro di dot dan Jenna minum dari dot. Kalau begitu kan bisa saya yang ngasih minumnya, Dea bisa tidur.

baca juga : [Supercoolkids] Fase Begadang

Tapi saya dan Dea tidak ingin ngasih Jenna dot. Ini sih dari hasil riset, katanya kalau pakai dot, anak cenderung bakal lebih seneng ngedot daripada minum langsung sama mamanya. Hal ini disebabkan effort untuk minum dari dot sangatlah rendah, susunya bisa mengalir deras dengan mudah dibandingkan harus disedot dulu kalau langsung dari mamanya. Udah gitu, kalau pakai dot bisa jadi kelebihan porsi minumnya. Sama yang paling bahaya adalah kalau si anak jadi bingung puting. Karena biasa pakai dot, anak jadi gak ngenalin puting mamanya sehingga gak mau lagi minum sama mamanya. Padahal momen nyusu anak sama mamanya bakal jadi momen bonding yang sangat oke. Oh sama satu lagi, mencegah anak ngedot terus sampai gede. Saya bahkan sampai kelas 1 SD masih pakai dot walaupun untuk minum milo :p (efeknya gigi saya dulu berantakan sampai harus pakai kawat gigi).

Solusi untuk memberi minum Jenna tanpa pakai dot adalah menggunakan botol sendok atau cup feeder. Yes, anak new born bisa loh minum dari cup feeder. Tapi emang gak yang langsung bisa dan harus diajarin dulu. Ngajarinnya ini juga bukan hal yang mudah. Saya butuh beberapa kali latihan sampai akhirnya Jenna kenal dengan softcup feeder yang digunakan untuk minum. Itu pun Jenna masih gak sabaran dan pengen nyedot terus2an sampai sering keselek. Kalau udah keselek atau kedikitan minumnya, dia bakal cranky dan nangis. Kalau nangis, harus ditenangin dulu baru bisa dikasih minum lagi. Gak kayak nenen sama mamanya yang kalo nangis pun bisa langsung reda.

Perjuangan banget itu ngajarin Jenna belajar pakai soft cup feeder. Tapi setelah sekitar 1-2 minggu latihan, Jenna udah mau minum dari soft cup feeder. Masih belum lihai banget sih, masih harus ada “iklan” dimana dia harus nangis dan ditenangin dulu. Tapi semakin hari keliatan semakin pandai. Awalnya cuma berhasil masuk 10-15 ml, terus banyak yang dilepeh, banyak yang tumpah-tumpah, sampai akhirnya nambah bisa minum 40ml tanpa iklan. Kemaren sih dicobain 60ml tapi masih harus ada iklannya :p Emang untuk ngajarin pakai soft cup feeder ini, yang ngasih makan harus supeeerrr saabaaarrr dan tegaan. hehehe Tapi mending repot di awal daripada nanti repot belakangan untuk ngajarin anak ngelepas dot.

baca juga : [Supercoolkids] Menjadi Ayah (ASI?)

Sedikit tips juga, kalau paka botol sendok masih takut keselek, yang saya pakai itu enak banget. Si soft cup feeder merk medela yang saya gunakan ada pencetan di ujung gagangnya yang lunak. Kalau dipencet, air akan keluar. Jadi kita bisa mencet pelan-pelan sesuai dengan pace minumnya baby. Drawbacknya, soft cup feeder ini mahal banget harganya hahaha. Satunya bisa 400an ribu. Kalau kamu emang super sabar, bisa beneran pakai cup loh ngajarinnya. Kalau saya gak berani pakai cup. Terus triknya lagi, posisi megang Jenna saya samain kayak posisi kalau dia lagi nyusu jadi dia ngerasa sama kalau lagi nyusu. Tambahan tips, saya minuminnya pakai bantal donat dan di atas gym ball. Jadi kalau dia lagi cranky, tinggal dibounce-bounce, tenang, terus dikasih minum lagi. Hehehe

*sebenernya ada topik tentang manajemen asi perah yang sepertinya penting untuk dibahas, tapi nanti deh saya tanya dea dulu :p saya juga kurang fasih untuk topik itu

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. [Supercoolkids] Memberikan Kasih Sayang Yang Bertanggung Jawab | Ardisaz
  2. [Supercoolkids] Menjaga Jenna – Ardisaz
  3. [Supercoolkids] Orang Tua Juga Belajar – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: