Iklan
My Journal

[Supercoolday] Pengalaman Pertama Memasang Rak Menggunakan Bor

Saya dan istri saya hobi sekali cuci mata di toko-toko furniture dan peralatan rumah tangga seperti Ace Hardware. Suatu ketika saya dan istri jalan-jalan ke Ace Hardware dan menemukan ada rak yang menurut kami cukup pratikal secara spasial dan memenuhi kebutuhan kami untuk meletakan foto-foto travelling kami semenjak dahulu kala. Harganya juga terbilang murah untuk ukuran rak. Tapi memang harus dirakit dan dipasang sendiri karena modelnya ditempel di tembok gitu.

Awalnya saya kira harus dipaku. Saya pernah sih beberapa kali memaku di rumah (yang hasilnya gak begitu rapih :p). Tapi berhubung udah pernah maku, ya seenggaknya kebayang lah yah. Eh tapi pas dikasih salah satu part oleh masnya yang bentuknya kok kayak bukan paku. Dibilang sama masnya itu namanya fisher, nanti memasang fishernya menggunakab bor. Waduh. Bor aja gak punya di rumah, gimana masangnya ini. Bisa minjem sih, di rumah orang tua saya dan mertua saya ada bor, tapi masalahnya saya belum pernah ngebor. Pernah ngeliatin orang ngebor waktu masang bracket TV di tembok, masang water heater di kamar mandi, atau masang parabola di halaman. Kalau masang sendiri, gimana ini?

Akhirnya saya coba pinjem bor ke ayah mertua saya. Sambil minjem bor sambil nanya cara pengoperasiannya. Minimal jadi ngerti lah cara lepas dan pasang mata bor. Mata bor juga ada beberapa ukuran. Ayah mertua saya punya yang nomer 4, 5, dan 6. Fisher saya nomer 7. Jadi bisa lah pakai mata bor nomer 6, terus digoyang-goyang dikit area untuk ngebornya, beres. Teorinya sih begitu. Hahaha

Hari H pemasangan bor, saya sempet deg-degan jangan-jangan malah jadi bikin bocel temboknya nih. Ribet juga kalau temboknya jadi jerawatan gara-gara saya salah ngebor. Hal pertama yang saya lakukan adalah nandain spot yang mau di bor. Musti dipastiin dulu posisinya harus bener-bener pas biar raknya lurus jadinya. Akhirnya udah ditandain semua spot ngebornya, tibalah waktu untuk ngebor.

Saya teken tuh mata bor ke tembok, terus dipencet tombolnya. Eh kok putaran bornya malah bikin mata bornya geser-geser dari posisi yang diinginkan. Jadi emang harus bener-bener diteken banget ke tembok biar mata bornya gak geser-geser. Begitu udah muter agak lama di permukaan dinding, lama-lama mata bornya nembus tembok juga. Klo udah masuk tembok udah gampang ternyata. Mau digedein dikit biar muat Fisher yang nomer 7 juga gampang, tinggal geser-geser aja.

Jadi raknya

Jadi raknya

Begitu udah bolong, fishernya dimasukin ke dalem lobang pakai bantuan palu. Ternyata emang lebih rapih yah jadinya klo pakai bor daripada pakai paku. Kalau pakai paku suka ngerusak temboknya euy, kalo ini clean banget hanya lubang di situ aja. Terus si plastik fisher putih itu juga ada kuncinya sehingga pas nanti dimasukin geriginya bakal ngunci sekrup yang dimasukin. Terus juga masukin kunci bornya gak usah terlalu dalem. Sepanjang fishernya aja cukup kok.

Begitu fisher udah masuk, tempelin rangka raknya, terus kunci pakai sekrup, beres. Untuk ngunci sekrupnya bisa sih pakai bor juga yang mata bornya diganti mata obeng. Saya cobain tapi gagal :p hehehe next time aja deh. Yang penting sekarang raknya jadi dulu. Dengan total enam lobang dan enam fisher, akhirnya rak untuk naro fotonya jadi πŸ™‚

Rak foto done :)

Rak foto done πŸ™‚

Buat cowo rasanya puas banget udah bisa bikin perkakas di rumah gini. Walaupun cuma ngebor sih :p tapi rasanya menyenangkan aja memasang2 gitu. Mirip kayak main lego, tapi ini versi nyatanya. Let’s see apa lagi nih yang bisa dibor di tembok rumah πŸ˜€ hehehe

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

8 Comments on [Supercoolday] Pengalaman Pertama Memasang Rak Menggunakan Bor

  1. Mas ardian. Kalo mau bor tembok itu mata bornya pake yg jenis apa ya.. saya jg mau belajar pasang2 sendiri

    Suka

  2. Hohohoho keren juga ya mas πŸ˜€ saya juga habis nulis tentang rak buku minimalis eh malah jd pgn buat sendiri gt, nemu deh blog ini πŸ˜€ makasih mas ide nya

    Suka

  3. Mata bor nya pakai mata bor besi atau mata bor kayu, kalau misalnya mata bor kayu kuat ngga kalau untuk bor beton tembok ?

    Suka

  4. klo bor digunakan untuk karet ban bisa gak?

    Suka

  5. Lg googling cara pasang fisher eh ujung2nya ke blog lu juga, Dam! Hahaha.

    Btw, cara ngukur kalau ngebornya udah sepanjang panjang fishernya gimana sih? Apa ditest2 masukin fishernya?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: