My Journal

Apa Itu Startup?

Saat ini yang sedang saya lakukan bersama teman-teman saya adalah membangun startup company. Mungkin banyak dari kita yang baru pertama kali mendengar kata statup. Saya juga baru mengetahui kata tersebut ketika mulai menggeluti bidang ini. Lalu, apakah itu startup?

Definisi startup sendiri saya dapatkan dari mentor-mentor saya dan juga senior-senior saya yang sudah terjun membangun startup companynya masing-masing. Definisi yang saya dapatkan berbeda-beda tapi yang bisa saya simpulkan, startup adalah perusahaan yang baru dibentuk. Lalu sampai kapankah dia dikatakan startup? Ini pun berbeda-beda. Ada yang bilang masih dikatakan startup kalau belum memiliki status legal (walaupun ada yg sudah PT tapi masih menganggap dirinya startup), ada yang bilang masih dikatakan startup jika sudah mendapatkan dana dari investor (yak tentu ada yang tidak diinves sama sekali tapi sudah bukan startup), ada juga mentor saya yang menganggap status startup itu berakhir jika sudah dapat memperkejakan dan membiayai hidupnya sendiri.

Yang pasti setiap startup company punya milestone dan fasenya sendiri-sendiri. Yang perlu dipahami dari kata startup bukanlah definisinya, tapi kata start yang artinya adalah mulai. Jadi, bagi yang tertarik untuk membangun perusahaannya sendiri, start now πŸ™‚
mengutip kata2 bijak, “the only perfect time to start is right now”

Have fun πŸ˜‰

About Adam Ardisasmita (1373 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

12 Comments on Apa Itu Startup?

  1. hmm
    ada buku terkait mengenai startup g?

    Suka

  2. Ada 1 hal penting yang ketinggalan dari definisinya: “Teknologi”. Kalo bukan perusahaan teknologi (misalnya perusahaan jualan baju) ya bukan startup =)

    Definisi gogo: Startup = Ketika founder-nya masih ngerjain produknya secara langsung.

    Suka

  3. menarik, ingin banget bisa bikin start up juga. Cuma pertanyaan yang sering ada itu, harus mulai dari mana dan dengan siapa?

    Btw, judul buku the art of the start dari guy kawasaki ya? harus cari nih… πŸ™‚

    Suka

  4. kiat-kiatnya apa bro,,bisa bagun start up? Apakah skill bahasa pemrograman penting??

    Suka

  5. Kalo hardskill bisa dilatih atau dicari yah, tapi yang susah itu softskillnya. Mulai dari visi yang besar dan kuat, motivasi untuk bisa berkarya dan fokus, ide-ide yang brilian, metode berpikir kreatif, dan lain sebagainya.

    Suka

  6. Thank buat infonya

    Suka

  7. Sama-sama Anisa

    Suka

  8. kalo toko online bisa dibilang startup?

    Suka

  9. oh ternyata artinya begitu, bdw kutipan kata bijaknya bikin merinding gan jadi makin semangat buat bangun usaha sendiri

    Suka

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Membangun Startup + Gelar S2/S3 di ITB + gratis pula! : Startup One « Fransiska Putri Wina Menulis
  2. Perlukah Startup Mencari Investor? « Rumah Pikiran Ardisaz

Tinggalkan komentar