Iklan
My Journal

Susahnya menjaga perasaan

Kenapa kok susah yah menjaga perasaan? Saya sudah berusaha untuk bisa menjadi manusia yang bisa menjaga perasaan orang lain. Tidak mau membuat orang lain bersedih karena saya, orang lain kecewa karena saya, ataupun orang lain jadi marah karena saya. Benturan-benturan antara dua pribadi yang berbeda menurut saya adalah hal yang biasa. Saya juga mulai menyadari bahwa gesekan-gesekan itu juga merupakan sesuatu yang alami. Perlu waktu memang untuk menyadari itu. Menyadari bahwa memang dalam kehidupan pasti ada perbedaan. Dan perlu latihan juga untuk dapat menerima perbedaan itu. Tidak sekedar menerima, tapi juga memahami perbedaan.

Dalam perjalanannya, saya belum juga sampai di titik saya bisa menerima semua perbedaan yang ada. Apalagi memahami. Walaupun dalam perjalanan, sedang berniat dan berusaha, tapi ternyata orang tidak perduli. Orang tidak perduli dengan proses. Banyak dari mereka yang hanya melihat hasilnya. Akibatnya banyak yang mengalami sakit hati, marah, emosi, kecewa, sedih, dan lain-lain. Saya tetap berusaha untuk belajar. Tapi memang, proses belajar ini butuh pengorbanan. Butuh sakit hati juga, butuh marah, emosi, kecewa, juga sedih. Tapi saya yakin proses itu harus saya lalui dan harus saya sikapi dengan baik. Karena saya yakin jika saya berhasil melalui proses itu, proses yang sering kali mencabik-cabik hati, saya yakin niat baik saya untuk belajar menjaga perasaan akan berbuah emas. Saya yakin tidak akan sia-sia saya menahan emosi saya, menahan kecewa dan sedih saya, agar saya bisa menjadi orang yang mampu menjaga perasaan orang lain. Mungkin tak cuma menjaga, tapi menjadi sumber kebahagiaan dan inspirasi untuk orang lain.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: